Sejarah Berdirinya Alibaba Yang Wajib Anda Ketahui

Sejarah Berdirinya Alibaba – Semua orang yang minat terhadap usaha E commerce pasti kenal dengan perusahaan yang bernama Alibaba.

Ini merupakan badan usaha retail online yang cukup terkenal di dunia. Maka dari itu, mengulas sejarah lahirnya Alibaba adalah hal yang mengasyikkan.

Sejarah Berdirinya AliBaba

Alibaba adalah perusahaan Ecommerce yang berdiri di  China. Fokus usaha dari perusahaan ini ialah menghubungkan antara pelaku usaha kecil dan menengah melalui sistem B2B atau Business to Business.

Diharapkan dengan kerjasama ini pertumbuhan usaha semakin pesat yang dampaknya usaha tidak hanya dikenal di China tetapi juga ke luar China. Konsep inilah yang sejatinya menjadi prioritas bisnis Alibaba.

1. Pendiri AliBaba

Perusahaan Ali Baba didirikan oleh usahawan top asal China. Namanya adalah Jack Ma. Ini merupakan pengusaha kelas kakap yang namanya masuk daftar orang terkaya di dunia. Bahkan kisah hidupnya telah dibukukan dan menjadi inspirasi semua orang.

Sejatinya Jack Ma tidak begitu diperhitungkan orang. Hal ini disebabkan oleh tubuhnya yang tidak ideal dan terkesan cukup mungil dibandingkan orang China kebanyakan.

Oleh karena itu, banyak yang tidak percaya usaha Alibaba yang dirintisnya akan sukses.

Sebelum membuka usaha E Commerce, Jack Ma sudah melontarkan visinya tersebut kepada 24 orang kawannya yang juga pengusaha terkenal di China.

Akan tetapi, yang berminat hanya satu orang saja. Sedangkan yang 23 orang menolaknya mentah-mentah.

2. Awal Berdirinya Perusahaan Alibaba

Perusahaan Alibaba berdiri ada hubungannya dengan kunjungan Jack Ma Ke Amerika Serikat. Tepatnya pada tahun 1995. Uniknya kunjungan tersebut tidak ada hubungannya dengan bisnis melainkan sebagai penterjemah atau transletter.

Dalam kunjungannya tersebut Jack Ma diperkenalkan secara tak sengaja oleh kawannya pada internet. Sebuah perangkat teknologi yang kala itu, masih belum beredar luas di China.

Menurut cerita kawannya tersebut, internet adalah tempatnya berbagai macam informasi dari seluruh dunia yang bisa diakses dengan mudah. Bahkan bisa dipastikan tidak ada satupun informasi yang tidak ada di dalam internet.

Karena tertarik dengan bahasa persuasif tersebut, Jack Ma mulai mengeceknya dengan memasukkan Keyword “China”. Sayang ternyata tidak ada satupun informasi yang muncul dari komputernya.

Karena hal itulah, Jack Ma tertarik untuk menjadi pengunggah pertama kali terkait China. Maka mulai direncanakannya untuk membuat sebuah laman yang bernama China Pages.

Impian ini memang dijalankannya sepulang dari Amerika, namun hasilnya tetapi nihil karena minimnya kerjasama.

3. Alibaba Mulai Berdiri

Perusahaan Alibaba mulai berdiri pada tahun 1999. Yang mana di kala itu, Jack Ma berhasil mengumpulkan 10 orang rekannya di sebuah apartemen. Semuanya adalah pengusaha kelas kakap yang kebetulan tertarik dengan visinya.

Di Apartemen mewah di sekitar Hangzhou itulah semua setuju dengan saran Jack Ma untuk mendirikan perusahaan E commerce yang disepakati diberi nama Alibaba.

Hingga saat ini pertumbuhan perusahaan semakin pesat. Bahkan jaringannya sudah menjangkau hampir di seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh kepemimpinan Jack Ma dan manajemen perusahaan yang bermutu.

4. Alibaba Dalam Kepemimpinan Jack Ma

Puncak kesuksesan Alibaba terjadi ketika perusahaan berada di tangan Jack Ma. Salah satu keberhasilannya adalah melakukan kerjasama dengan perusahaan besar Yahoo yang tenar lebih dahulu. Kerjasama penuh prestisiutas ini terjadi pada bulan oktober tahun 2005.

Dalam kerjasama tersebut disepakati pihak Yahoo memiliki saham Alibaba sebesar 40%.  Sedangkan operasi Yahoo di wilayah China diserahkan secara penuh kepada pihak Jack Ma.

Baca : Penyebab Harga Saham Naik dan Turun

Karena kerjasama tersebut, maka dibentuklah perusahaan baru yang diberi nama Alibaba Grup. Sedangkan produk yang dihasilkan di antaranya adalah Alibaba.com yang bergerak di bidang Ecommerce Global dan Taobao sebuah search engine bawaan Yahoo khusus berbahasa China.

Selain itu, Alibaba Grup juga membangun usaha pembayaran online Alipay dan bisnis software atau perangkat lunak yang diberi nama Alisoft.

Sejak berubah menjadi Alibaba Grup, perkembangan perusahaan semakin pesat. Bahkan dulunya yang hanya memiliki 19 tim, kini sudah bertambah. Bahkan kabar terbaru menyebutkan kalau perusahaan Alibaba memiliki pegawai sebanyak 5000 orang. Mereka inilah yang melayani jutaan pelanggan dari seluruh dunia.

5. Pergerakan Alibaba Grup di Indonesia

Progresifitas perusahaan Alibaba Grup juga berpengaruh di Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Bahkan kabarnya toko online terkemuka Lazada juga dikuasai oleh perusahaan Taipan ini.

Hal ini terjadi pada bulan April 2016 lalu ketika Alibaba mulai membuka lahan bisnisnya hingga ke Indonesia.

Tak tanggung-tanggung pihak perusahaan berhasil membeli saham Lazada dengan harga 13 triliun. Hal ini yang membuat Alibaba menjadi pemegang saham terbesar di lapak online top ini.

Itulah sekelumit penjelasan tentang sejarah berdirinya perusahan Alibaba atau Alibaba Grup. Sebuah usaha E Commerce terkemuka di dunia yang memiliki jutaan pelanggan di seluruh dunia.

Perusahaan yang memiliki nama besar karena pendirinya berani bermimpi. Bagaimana tidak, dari 19 orang saja berhasil membangun bisnis yang besar hingga sekarang sudah ada ratusan karyawan di sana. Sebuah usaha yang layak dicontoh oleh kita semua.

Baca Juga : Syarat Menjadi Pemimpin Perusahaan

Leave a Comment