Service Excellent Adalah : Pengertian, Aspek dan Manfaat

Joko Warino

Service Excellent Adalah Pengertian, Aspek dan Manfaat

Sebuah perusahaan membutuhkan seorang pelanggan, supaya produk atau jasa  yang di jual bisa menjadi terkenal.

Tidak hanya membuatt  produk atau jasa menjadi terkenal, produk tersebut juga banyak yang membeli agar menjadi untung.

Untuk membuat pelanggan banyak, ada namanya Service Excellent. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Service Excellent

Apa itu Service Excellent? Pengertian Service Excellent  adalah sebuah standar  yang ditetapkan oleh sebuah perusahaan, untuk melayani pelanggannya.

Nantinya pelanggan akan bisa terlayani dengan baik dan tidak terlantar, dengan standar standar yang sudah ditetapkan tersebut.

Selain melayani pelanggan dengan baik dan berdasarkan aturan  yang ada,  pelanggan nantinya juga akan menjadi betah dan terus berlangganan dengan perusahaan tersebut jika layanannya bagus.

Mereka tidak akan pergi atau berpaling ke tempat yang lain, dan menjadi loyal sebagai seorang pelanggan.

Aspek Service Excellent

1. Kesopanan dan juga Keramahan

Kesopanan dan juga keramahan adalah salah satu hal,  yang dilihat dari seorang pelanggan. Biasanya ketika seorang Costumer Service  atau pelayan rumah, maka nantinya mereka akan senang dan mau untuk kembali lagi.

Namun jika Costumer Service atau pelayan tidak melayani dengan baik, maka banyak pembeli yang akan kecewa. Kekecewaan tersebut membuat mereka, tidak akan kembali lagi atau tidak mau untuk berlanggan lagi.

2. Kerapihan Dalam Berpenampilan

Untuk menggunakan sebuah jasa atau ingin membeli produk, pembeli biasanya akan melihat penampilan dari seorang karyawannya. Ketika penampilan karyawannya baik dan tertata, maka pelanggan akan menjadi kembali lagi.

Tetapi ketika penampilan karyawannya tidak baik dan kotor, maka orang akan risih dan nantinya tidak mau untuk kembali ke tempat tersebut.

3. Harga Harga Yang Ditawarkan

Semua orang yang ingin menggunakan sebuah jasa atau beli produk, pasti melihat harga atau biaya yang ada.

Ketika pebisnis menjual produk atau jasa yang murah, nantinya akan semakin banyak yang akan membelinya. Begitu juga dengan sebaliknya, jika harga tidak terjangkau akan sedikit yang akan membelinya.

Oleh karena itulah sebagai seorang pebisnis, harus menentukan target pasar yang ingin dituju.Apabila sudah menentukan target pasar yang diinginkan, maka membuat produk atau jasa yang di jual tidak merugi.

4. Pelayanan Dengan Waktu Yang Cepat

Pembeli tidak ingin menunggu lama pada saat sedang ingin dilayani,  dan ingin semuanya serba cepat.

Pelayanan yang baik haruslah cepat, sehingga pembeli tidak perlu menunggu lama. Karena jika mereka menunggu lama, akan di beri komentar atau di beri penilaian yang buruk .

5. Pemberian Informasi

Ketika ingin membeli produk atau menggunakan sebuah jasa, tentu pembeli ingin mendapatkan banyak informasi yang dibutuhkan.

Oleh karena itulah sangat penting  sekali sebagai karyawan, punya pengetahuan dan juga informasi yang cukup. Bila karyawan tidak mempunyai informasi yang cukup, maka pembeli akan menjadi bingung dengan produk atau jasa yang di tawarkan.

6. Pelayanan Sesuai Dengan Aturan Hukum

Pada saat melakukan pelayanan, tentu harus ada aturan hukum yang harus ditaati. Ketika aturan aturan hukum yang ditaati oleh sebuah perusahaan, maka pembeli akan menjadi lebih tenang. Tetapi ketika ada perusahaan yang tidak mentaati sebuah aturan hukum, maka pembeli bisa resah ketika ingin membeli barang atau menggunakan jasanya.

  1. Siap Sedia Untuk Hadir Melayani

Untuk membuat pelayanan menjadi berjalan baik, ada baiknya karyawan untuk selalu ada ketika di toko atau di kantor. Dengan cara tersebut pelanggan atau pembeli bisa terlayani dengan baik, dan pelayanan pun bisa berjalan dengan cukup lancar dan tidak mengalami sebuah kendala.

Bila pegawai tidak hadir dalam perusahaan atau kantor, ada baiknya untuk menghubungi teman untuk digantikan. Dengan cara tersebut nantinya layanan kepada pelanggan, tidak akan terganggu dan tetap berjalan dengan baik.

Manfaat Service Excellent

Setelah mengetahui penjelasan diatas, berikut ini ada beberapa kegunaan dari Service Exellent:

1. Untuk Membuat Pelanggan Mendapat Banyak Informasi

Ketika ingin membeli sebuah barang, tentu pembeli harus mengetahui barang barang yang di jual tersebut. Untuk membuat pelanggan atau pembeli tidak bingung, para karyawan bisa di ikut sertakan dalam training terlebih dahulu.

Training ini sangat berguna sekali, agar informasi menjadi lebih lengkap dan juga  cukup. Selain informasi menjadi lengkap dan juga cukup, nantinya para pembeli atau pelanggan juga tidak perlu bertanya tanya lagi ketika ingin membeli.

2. Memberi Service Atau Layanan Yang Terbaik

Sebagai pebisnis atau penjual barang atau jasa, tentu kita ingin banyak pelanggan yang datang untuk membeli yang di jual.

Salah satu yang cara yang bisa meningkatkan penjualan adalah dnegan adanya pelayanan yang baik. Apabila pelayanannya baik dan juga bagus, mereka juga akan kembali untuk berlangganan.

Selain melayani yang baik, pelanggan juga akan menjadi percaya dengan produk atau barang yang di jual tersebut.

Mereka tidak akan ragu untuk membeli barang, karena barang atau produk  yang dijual tersebut sesuai dan  juga terpercaya.

3. Tidak Ada Keluhan Keluhan Lagi Dari Pelanggan

Pada saat pelanggan mendapat pelayanan yang buruk, tentu mereka akan melakukan yang namanya komplain.

Komplain biasanya mereka sampaikan, secara langsung di depan karyawan. Tidak hanya memberi pendapat  secara langsung, biasanya mereka juga melakukan lewat social media.

Agar pembeli atau pelanggan tidak memberi kritik, perusahaan bisa melakukan perbaikan dalam internal. Nantinya perusahaan bisa memberikan yang terbaik, dan juga semuanya akan berjalan dengan baik dan juga benar.

4. Agar Sebuah Brand Bisa Unggul

Sebuah perusahaan tentu ingin barang barangnya, bisa unggul dan bisa terkenal diseluruh Indonesia. Untuk emmbuat sebuah produk bisa laku terjual dan terkenal, ada baiknya pelayanan yang dilakukan sebuah perusahaan bisa menjadi lebih baik.

Semua diperbaiki terlebih dahulu agar sesuai dengan aturan yang ada, sehingga pembeli tidak akan terlantar dan bisa mendapatkan hal hal yang sangat diperlukan.

5. Bisa Menjadi Salah Satu Promosi Gratis

Pemasaran sebuah produk bisa dilakukan, agar semua bisa terjual dan bisa mendapatkan sebuah penghasilan. Biasanya untuk memasarkan, bisa menggunakan media cetak atau yang lainnya.

Untuk memperoleh pemasaran secara cuma cuma, ada baiknya karyawan bisa membuat para pelanggan bisa menjadi nyaman.

Dengan membuat suasana menjadi lebih nyaman, mereka juga merekomendasikan produk dan jasa yang sudah di tawarkan atau di jual. Cara tersebut sangat efektif sekali, untuk bisa mengurangi biaya untuk pemasaran.

6. Menciptakan Image Positif di Masyarakat

Image positif sangat diinginkan, oleh banyak masyarakat. Agar menciptakan sebuah image positif, perusahaan bisa membuat agar mereka bisa menjadi nyaman. Nantinya mereka bisa kembali lagi, dan reputasi akan meningkat tajam.

Demikianlah sebuah informasi, mengenai pengertian Service Excellent. Semoga informasi ini bermanfaat, bagi yang ingin berdagang sebuah barang barang kepada masyarakat.

Also Read

Leave a Comment