6+ Situs Freelancer Indonesia dan Luar Negeri Yang Menguntungkan

Tahukah Anda Situs Freelancer Indonesia dan Luar Negeri Yang Menguntungkan? Menjadi freelancer adalah opsi bekerja yang populer dipilih para pekerja generasi saat ini.

Bagi Anda yang belum paham, Freelance adalah seseorang yang bekerja tanpa ikatan jangka panjang dengan klien atau individu yang memberikan pekerjaan tersebut.

Bagi Anda yang punya keahlian khusus, ingin bekerja secara fleksibel atau sekedar ingin mencari penghasilan tambahan, sudah saatnya anda mencoba merambah ke industri freelance ini.

Selain memiliki kebebasan untuk bekerja dimana dan kapan saja dengan pengawasan minimal, metode bekerja ini juga dianggap lebih menguntungkan karena bayarannya yang terkadang lebih besar dari gaji bulanan.

Lumayan menggiurkan, bukan?

Mungkin sebagian besar dari Anda masih banyak yang kurang paham bagaimana cara mencari klien untuk mendapatkan proyek freelance.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena saat ini sudah ada banyak platform online atau website yang dapat membantu mempertemukan Anda dengan klien yang membutuhkan jasa freelance.

Lalu, seperti apa contoh-contoh website freelance yang dianggap baik, aman, terpercaya serta menguntungkan freelancer?

Dalam artikel ini, telah dikumpulkan enam situs freelance terbaik dan terpercaya di Indonesia dan luar negeri yang dapat Anda coba untuk menemukan proyek baru dan klien baru dengan aman dan nyaman, serta menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Web Freelancer Indonesia

1. Sribulancer

Sribulancer adalah salah satu website freelancer yang paling populer dengan komunitas freelancer terbesar di tanah air.

Sribulancer

Melalui konsep marketplace, Sribulancer telah berhasil menjadi solusi atas permintaan dan suplai jasa digital seperti desain, website, media sosial, SEO, penerjemahan dll.

Dengan tampilan interface yang user-friendly, Sribulancer memudahkan freelancer dan pemberi kerja untuk melakukan percakapan, sharing dokumen dan diskusi proyek secara privat lewat fitur Workspace.

Satu hal lain yang membuat website ini unggul dari para pesaingnya adalah freelancer dapat menerima pembayaran jasa melalui transfer bank dalam mata uang Rupiah maupun US Dollar.

Untuk setiap proyek, Sribulancer akan mengambil komisi sebesar 10% dari biaya jasa yang telah disetujui oleh kedua belah pihak.

Selain itu, untuk menjadi anggota dan memposting iklan di Sribulancer juga tidak dipungut biaya atau gratis. Tentunya, platform ini sangat ideal untuk Anda  yang baru saja memulai kerja freelance.

2. Fastwork

Fastwork merupakan situs freelance terbesar di Asia Tenggara asal Thailand yang mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 2018.

Fastwork
Fastwork

Platform Fastwork dipercaya dapat membantu pemilik bisnis menemukan dan mempekerjakan freelancer secara aman, simpel dan hemat biaya.

Di situs ini, freelancer dapat menampilkan portofolio untuk membuat calon klien tertarik, sehingga freelancer tidak perlu bersaing.

Cukup dengan mendeskripsikan pekerjaan dengan detail dan harga yang pantas, Anda akan mendapatkan klien dalam waktu singkat.

Fastwork menawarkan kemudahan untuk freelancer maupun pemberi kerja melalui berbagai macam fitur yang sangat membantu.

Beberapa diantaranya yaitu membantu freelancer mengumpulkan pembayaran, bertukar file dan berkomunikasi dengan klien tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

3. Projects.co.id

Projects merupakan situs freelance yang lumayan terkenal di Indonesia. Lewat Projects, Anda dapat menemukan berbagai macam kebutuhan freelance dari berbagai bidang.

Projects.co.id
Projects.co.id

Tidak hanya pekerjaan, Projects juga dapat mengakomodir transaksi jual beli produk digital seperti template website, desain kaos, eBook dan masih banyak lagi.

Untuk menjadi anggota, Projects tidak akan memungut biaya sepeserpun alias gratis.

Setiap kali proyek berhasil diselesaikan, freelancer akan mendapatkan poin yang dapat dijadikan nilai jual ke pemberi kerja selanjutnya.

Penawaran upah juga dilakukan secara privat antara freelancer dan pemberi kerja, sehingga tidak ada potongan commission fee untuk website.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan kedua belah pihak, sehingga proyek dapat berjalan lancar tanpa harus memikirkan kendala-kendala minor.

Situs Freelancer Luar Negeri

1. Upwork

Upwork merupakan salah satu situs freelancer ternama yang berasal dari Amerika Serikat. Situs ini telah meraih banyak penghargaan, sehingga reputasinya tidak perlu diragukan lagi.

Upwork
Upwork

Upwork adalah tempat yang tepat untuk memulai karir sebagai freelancer karena website ini memanjakan freelancer dengan berbagai macam fitur menarik.

Pertama, tawaran proyek dapat diatur berdasarkan tingkat kemampuan dan kompetensi.

Selain itu, ada pula fitur chatting langsung yang dapat memfasilitasi percakapan antara freelance dengan pemberi proyek.

Uniknya lagi, Upwork juga menyediakan pembuat invoice secara otomatis untuk memudahkan proses transaksi yang transparan antara freelancer dan klien.

Upwork juga siap memberikan bantuan kepada tenaga freelancer dan pemberi proyek, jadi Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kendala saat mengakses Upwork.

Platform ini merupakan one-stop-solution yang sempurna untuk para freelancer ataupun pemberi proyek yang tidak mau repot dengan urusan teknis dan printilan.

Pastinya sangat menguntungkan dari segi ekonomi dan waktu.

Kerennya lagi, melalui Upwork, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan proyek dari klien ternama seperti Microsoft, Airbnb, dan Dropbox. Jadi, apakah anda tertarik untuk mencoba?

2. Fiverr

Situs web freelancer asal Amerika Serikat sifatnya memang sedikit lebih unik dari platform yang lain.

Fiverr
Fiverr

Freelancer dapat mengiklankan berbagai macam skill dan kompetensi, dari yang sifatnya konvensional (desain website, manajemen media sosial) hingga yang sifatnya random (menari, voiceover, menulis lagu).

Selain itu, konsep yang diusung Fiverr ini juga berbeda dari situs-situs pesaing lainnya.

Pada umumnya, situs freelancer membuat para klien untuk posting detail proyek atau pekerjaan, lalu freelancer akan melamar pekerjaan tersebut.

Akan tetapi, di Fiverr freelancer dapat memperlihatkan hasil karya portofolio mereka dan memberi harga jasa, lalu klien akan menghampiri dan mengontak freelancer jika tertarik.

Ada beberapa alasan mengapa platform ini dinilai sangat menguntungkan. Pertama, pendaftaran keanggotaan di Fiverr sifatnya gratis, jadi Anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk memulai.

Selain itu, setiap jasa yang dijual akan dihargai minimal $5, sehingga akan sangat menguntungkan untuk pihak freelancer tanpa harus khawatir dibayar kurang.

Menariknya lagi, Fiverr juga menawarkan banyak kursus singkat gratis untuk upgrade kemampuan dan mengajarkan freelancer cara menyampaikan pitch ke klien dengan baik dan benar.

3. 99Designs

99Designs merupakan website freelance populer khusus untuk desain grafis. Dengan bantuan website ini, Anda sebagai freelancer dapat terhubung ke klien potensial yang berasal dari 190 negara.

99Designs
99Designs

Situs marketplace freelancer ini sangat ideal untuk para tenaga freelancer yang mahir dalam bidang desain dan seni.

99Designs dilengkapi dengan beberapa fitur menarik, sehingga membuat pengalaman mengerjakan proyek freelance lebih menyenangkan untuk seniman freelancer maupun klien.

Untuk mendaftar jadi member sifatnya gratis, tidak perlu membayar.

Terdapat pula patokan harga desain sehingga proses transaksi lebih transparan dan kedua pihak tidak perlu pusing untuk menentukan harga jasa yang digunakan.

Menariknya lagi, upah dipegang oleh pihak 99Design hingga proyek selesai, jadi lebih aman.

Perlu digaris bawahi bahwa sistem distribusi proyek di 99Design sedikit berbeda dari situs marketplace freelance lain.

99Design menggunakan sistem kontes atau tender, dimana freelancer memasukkan hasil karya mereka ke proyek tertentu dan pemilik proyek akan memilih karya yang mereka sukai.

Kesimpulan

Menjadi tenaga freelance di generasi ini sudah menjadi hal yang umum untuk dilakukan.

Di zaman yang serba digital ini, Anda dapat menggunakan berbagai macam website untuk terhubung dengan klien dan mendapatkan proyek.

Enam website freelance yang telah dibahas dijamin aman serta memiliki keunggulan masing-masing yang dapat memudahkan kelancaran proyek untuk tenaga freelance dan pemberi kerja.

Untuk memilih platform yang tepat, Anda hanya perlu kemampuan yang sesuai dengan permintaan platform.

Pastikan cek dengan seksama proyek-proyek yang ingin dilakukan sebelum menerima untuk meminimalisir stres dan kesalahpahaman dengan klien.

Semoga artikel Situs Freelancer Indonesia dan Luar Negeri bermanfaat, terutama bagi Anda yang tertarik untuk terjun di dunia freelance yang memiliki banyak keuntungan ini.

Baca Juga : 4 Jenis Freelance Untuk Mahasiswa

Leave a Comment