Pengertian Dan Fungsi Software Engineering

Pengertian Dan Fungsi Software Engineering Jokowarinoblog.com – Mungkin anda bertanya-tanya apa Software Engineering, tapi tenang pada pembahasan kita kali ini, kami akan membahas tentang Software Engineering, langsung saja simak ulasannya.

Pertama kali istilah dari software engineering digunakan sekitaran 1950-an atau 1960-an.

Kemudian tahun yang ke 1968 NATO telah menyelenggarakan konferensi mengenai software engineering ini di Jerman serta dilanjutkan hingga tahun 1969.

Meskipun penggunaan sebuah kata software engineering berkonferensi, namun tetap saja ini dapat menimbulkan debat mengenai kata engineering dari sebuah pengembangan perangkat lunak.

Bahkan banyak pihak beranggapan bahwa konferensi tersebut merupakan awal dari tumbuhnya profesi dari software engineering.

Pada profesi tersebut sebagai cara-cara mendalami pengembangan perangkat lunak.

Ini sudah termasuk pada pemeliharaan, pembuatan, keorganisasian dibidang manajemen yang mengembangkan perangkat dan salah satu manajemen yang berkualitas.

Software engineering pengubahan tentang perangkat lunak itu sendiri. Dengan demikian ini akan menghasilkan suatu bentuk kerja yang sangat efektif maupun efisien dalam penggunaan.

Jadi, Apa Itu Software Engineering?

Setelah kita mengetahui lewat pembahasan diatas software engineering dapat diartikan sebagai mereka yang memiliki keahlian dalam memproduksi sebuah perangkat lunak pada tahap awal untuk spesifik hingga mereka yang memelihara sistem sesudah digunakan.

Software engineering bertugas sebagai salah satu metode yang menerapkan dan merancang untuk pengembangan pada sebuah bidang software.

Selain itu, software engineering dapat menguasai keahlian menganalisis system dan programmer dan beberapa metode pengembangan software misalnya, RUP, XP, Scrum, Agile dan lain-lain.

Software engineering atau dalam bahasa kita sebagai “rekayasa perangkat lunak” ¬†dikutip oleh IEEE (Institute of Electrical and Electrical Engineers) Computer Society sebagai salah satu pendekatan teknologi yang sistematis, disiplin dan terstruktur.

Pada dasarnya ini merupakan sebuah cabang ilmu pada komputer yang berguna untuk mengetahui sebuah kesalahan pada perangkat lunak dan kini sudah meluas fungsinya.

Software engineering tak hanya dibutuhkan pada saat terjadi kesalahan sebuah pengoperasian semata, akan tetapi lebih ke bagaimana dia bekerja untuk keperluan dari penggunanya atau end-user.

Tak sama dengan software yang dari pabrik namun elemen ini bersifat logis. Bahkan elemen software tidak mudah untuk aus hardware, akan tetapi peluang untuk kerusakan bisa dibilang cukup besar.

Maka dari itu software hanya bisa merekayasa dan mengembangkan.

Apa Saja Sih Yang Menjadi Fungsi Dari Software Engineering?

Tentu saja pada Software Engineering atau rekayasa perangkat lunak terdapat fungsi yang bisa membuat anda lebih mengerti dengan keadaan software engineering.

Berikut dibawah ini merupakan beberapa fungsi yang harus anda ketahui tentang software engineering.

1). Dapat Mengembangkan Perangkat Lunak Penggunanya

Fungsi yang pertama dari software engineering adalah sebagai pengembangan pada perangkat lunak penggunanya dan juga bermanfaat bagi pengguna.

Ini juga bisa mempelajari kita bagaimana untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak penggunanya.

Pada umumnya software tidak akan dipakai oleh para pengguna kalau spesifikasi serta fungsi yang dimilikinya tidak berkualitas.

Oleh karena itu mempelajari sebuah software engineering sehingga ini akan menjadikan seseorang lebih pahami pada saat mengembangkan perangkat lunak yang fungsional.

Seperti contoh sebuah perangkat lunak pada jaringan komputer dimana bisa mengkoneksikan komputer anda dengan internet.

2). Untuk Mengembangkan Perangkat Lunak Yang Sudah Ada Menjadi Lebih Bagus Lagi

Pada umumnya perangkat lunak yang sudah ada bisa dikembangkan menjadi lebih bagus karena perangkat lunaknya terkadang membutuhkan hal yang dapat memperbaharui atau perangkat lunak tidak berfungsi lagi.

Maka dari itu dengan mempelajari sebuah rekayasa perangkat lunak akan menjadi lebih mudah untuk mengembangkan perangkat lunak yang sudah ada  dan kemudian akan menjadi lebih bagus dan bermanfaat untuk kalangan pengguna.

3). Dapat Menciptakan Perangkat Lunak Yang Userfriendly Dan Ramah

Salah satu perangkat lunak yang userfriendly akan membuat sistem tersebut didambakan oleh penggunanya.

Pasti setiap setiap pengguna menginginkan perangkat lunak yang userfriendly dengan interface atau tampilan yang menarik dan fungsionalitas serta mudah untuk digunakan.

Bagi mereka yang sedang mempelajari pasti sudah mengerti dan sudah memahami sistem perangkat lunak.

Dengan demikian dapat membantu bagi mereka yang mengembangkan perangkat lunak secara userfriendly dan yang pastinya sudah banyak digunakan oleh pengguna.

4). Agar Mengintegrasikan Sebuah Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Alat Mekanikal Yang Sudah Ada, Sehingga Bisa Menjadi Lebih Bermanfaat

Berbagai peralatan mekanikal misalnya robotic yang membutuhkan suatu integrasi pada pada perangkat lunak sehingga bisa berfungsi dengan baik serta bekerja secara optimal.

Mungkin anda sudah memahami dengan hal yang seperti ini, apalagi anda sudah mempelajari tentang sebuah rekayasa perangkat lunak.

Nah bagi anda yang berkemampuan dalam mempelajari rekayasa perangkat lunak, dengan begitu sebuah sistem software bisa diintegrasikan dengan melalui peralatan mekanikal. Dengan demikian ini akan mendukung sebuah kegiatan yang operasional pada peralatan tersebut.

5). Dapat Membantu Untuk Melakukan Perawatan Dan Maintenance Pada Perangkat Lunak Yang Sudah Ada

Fungsi bagi mereka yang sudah mempelajari sebuah rekayasa perangkat lunak tak hanya terpaku pada pengembangannya dan pembuatan dari perangkat lunak yang sudah ada.

Namun ini juga bertujuan untuk maintenance dan perawatan pada sistem perangkat lunak yang sudah ada.

Sebuah perangkat lunak tetap saja membutuhkan maintenance dan perawatan, apalagi perangkat lunak mengalami kendala atau gangguan.

Maka dari itu suatu pembelajaran pada software engineering sangat dibutuhkan untuk maintenance dan juga perawatan dari sebuah perangkat lunak tersebut.

Leave a Comment