6 Teknik SEO di Instagram yang Paling Mudah dan Simpel

Sejatinya teknik SEO hanya berupa strategi untuk menaikkan rating website di Google Search Engine saja. Namun jangan dikira, teknik SEO tidak bisa dilakukan untuk media sosial sekelas Instagram.

Mungkin saja tujuannya yang berbeda, yaitu untuk meningkatkan progresifitas bisnis serta mempercepat calon pelanggan menemukan branding produk.

Nah, teknik SEO di Instagram dengan SEO Web secara garis besar memiliki banyak perbedaan.

Termasuk perbedaan yang terkait dengan cara optimasi SEO di Instagram yang menjadi syarat terjadinya progres bisnis yang baik.

Teknik SEO di Instagram

Untuk itu, di bawah ini terdapat beberapa cara atau teknik SEO Instagram yang perlu diketahui oleh pembaca. Ini dia strategi yang dimaksud:

1. Buat Profil Terkait Bisnis

Teknik SEO di Instragram yang pertama ialah silakan buat profil terkait bisnis. Jangan malah membuat profil dengan niche lain.

Jika profil semacam ini yang dipilih, jangan harap produk akan dibeli orang. Sebab, dengan melihat profile-nya saja, Anda akan dianggap pebisnis yang abal-abal.

Profil di sini tidak selalu terkait dengan foto tetapi juga deskripsi diri atau bionarasi diri. Silakan buat bionarasi yang sekiranya pembaca akan menyimpulkan kalau Anda benar-benar pebisnis bukan profesi yang lain.

Camkan juga, sebelum audiens mulai melakukan transaksi niaga secara online, pasti mereka memeriksa terlebih dahulu profil penjualnya.

2. Pilih User Name yang Tepat

User name Instagram memang terkesan sepele dan enteng. Namun, kalau pebisnis salah dalam memilih kata kunci khusus user name, potensi bisnis mendapatkan keuntungan dari pembeli sangatlah kecil.

Terkadang calon konsumen melihat user name penjualnya terlebih dahulu sebelum ia mulai bertransaksi produk.

Ironisnya, tidak sedikit masyarakat pembeli online yang justru melihat user name di awal daripada profil.

Jika user name saja menimbulkan kebimbangan bagi mereka, pasti mereka akan berpindah ke penjual yang lain tanpa harus membaca profil dan bionarasi terlebih dahulu.

3. Terapkan KW Turunan dengan Jumlah Karakter yang Tepat

Salah satu cara SEO Instagram yang berikutnya ialah membuat kata kunci turunan yang tepat. Tepat di sini berarti kata kunci tersebut harus sesuai dengan niche bisnis yang dikelola.

Misal, jika Anda membuka usaha dengan kata kunci utama adalah busana perempuan, maka kw turunan yang tepat adalah baju perempuan, busana wanita, pakaian perempuan, busana perempuan murah dan lain-lain.

Yang perlu diperhatikan berikutnya dari penerapan kw turunan adalah jumlah karakter yang digunakan harus tepat.

Umumnya, jumlah kata untuk kw turunan adalah 3 sampai 4 kata saja dengan jumlah karakter maksimal 20 karakter. Jika lebih dari itu, kw akan dianggap terlalu panjang sehingga audiens akan kesulitan untuk menemukan produk.

4. Lampirkan Tag pada Postingan

Fungsi hastag atau tag pada postingan bisnis di Instagram ialah untuk mempermudah audiens menemukan produk.

Selain itu, tag juga berfungsi sebagai penanda postingan supaya calon pelanggan tidak ketinggalan berita terbaru.

Maka dari itu, silakan buat hastag lalu letakkan di bagian bawah dari postingan dan awali dengan simbol pagar.

Pebisnis tidak boleh sembarangan dalam membuat hastag. Pastikan kata yang dijadikan hastag adalah kata yang memang sesuai dengan bisnis yang ada di dalam postingan tersebut.

Jumlah katanya juga tidak usah terlalu banyak maksimal 2 kata saja sedangkan kalau tiga kata sudah agak kepanjangan.

5. Pakai Alt Text Pada Gambar

Di dalam fitur gambar Instagram, admin sudah menyertakan Alt Text atau teks alternatif yang bisa dipakai untuk melakukan strategi SEO pada IG.

Jika pebisnis memanfaatkan fitur ini, tentu foto akan mudah ditemukan sekalipun aksesnya dibuka dari Google Search Engine bukan dari Instagram secara langsung.

Ketika pebisnis mau mengunggah foto via IG, maka isi dulu Alt Text sebelum klik fitur unggah. Setelah itu masukkan kata kunci yang tepat dan harus sesuai dengan gambar yang akan diposting.

Sebab, mesin pencari akan menelusuri kw tersebut jika ada netizen yang mengetiknya di laman pencarian. Jika Alt Text sudah terisi dengan benar, maka silakan klik Publish.

6. Masukkan Kata Kunci pada Caption

Ketika Anda memposting foto ke akun Instagram pasti ada caption atau kata-kata yang mengiringinya.

Caption ini dibutuhkan sebagai dasar penonton untuk memahami apa arti foto yang sebenarnya. Termasuk apa tujuan si pemilik akun IG memposting foto atau gambar tersebut.

Nah, jika ingin menerapkan strategi SEO pada Instagram, jangan lupa untuk memasukkan kata kunci pada caption.

Artinya, Anda tidak boleh membuat kalimat caption secara sembarangan, tetapi harus ada kw yang jelas di dalam caption tersebut.

Usahakan kw tidak terpotong oleh kata apapun karena kata kunci inilah yang akan membuat akun IG Anda tampil di kolom pencarian.

Itulah beberapa strategi SEO Instagram yang paling mudah. Silakan gunakan cara-cara di atas, jika ingin akun IG bisa diakses dari luar akun. Seperti dibuka dari Google Search Engine yang telah menjadi laman pencarian terbesar di dunia.

Baca Juga : Cara Memanfaatkan Instagram Reels Untuk Bisnis

Leave a Comment