Pengertian ISP Adalah : Jenis, Fungsi, dan Contoh

Pengertian ISP Adalah : Jenis, Fungsi, dan Contoh – Kebutuhan akan internet pada masa sekarang sudah tak terbantahkan lagi.

Bahkan, bisa dikatakan jika internet menjadi salah satu kebutuhan utama bagi banyak orang.

Hal ini dikarenakan segala jenis akses saat ini memang dimudahkan berkat adanya internet.

Namun, jika ingin mengakses internet, dibutuhkan suatu koneksi tertentu dan tidak serta merta bisa langsung terhubung.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berlangganan pada ISP.

Sejak munculnya internet pada sekitaran tahun 90-an, Indonesia menjadi salah satu negara yang mulai mengembangkan bisnis di bidang internet salah satunya dengan adanya ISP.

Jumlah ISP ini pun semakin bertambah di tiap tahunnya, dan tidak sedikit yang merasa mendapatkan banyak manfaat dari adanya ISP.

Sayangnya, istilah ISP ini belum banyak dipahami oleh orang-orang, sehingga masih banyak yang belum mengerti tentang apa itu ISP, jenis-jenisnya, fungsinya, serta contohnya.

Nah, dengan tujuan supaya memahami ISP lebih lanjut, berikut akan ada penjelasan tentang pengertian, jenis, fungsi, dan contoh ISP.

Pengertian ISP

ISP merupakan singkatan dari Internet Service Provider atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan Penyelenggara Jasa Internet (PIJI).

Secara umum, ISP adalah perusahan yang menyediakan jasa sambungan internet.

ISP menjangkau jaringan secara domestik maupun secara internasional. Dengan jaringan internasional ini, akan memudahkan para pengguna untuk terhubung ke jaringan internet global.

Jenis ISP

ISP sebagai layanan internet juga memiliki jenisnya masing-masing. Jenis-jenis dari ISP atau Internet Service Provider akan disebutkan sebagai berikut:

1. Koneksi Dial-Up

Jenis layanan internet ini termasuk layanan internet yang paling sering digunakan oleh warung internet (warnet).

Koneksi dial-up ini memanfaatkan kabel telepon atau modem untuk bisa terhubung ke layanan internet.

Akses dengan layanan ini berfungsi untuk personal dial up, corporate dial-up, LAN dial-up ISDN, night server access.

2. Dedicated Connection

Pada jenis layanan dedicated connection, layanan ini biasanya digunakan oleh perusahaan dengan jumlah karyawan yang cukup banyak.

Dengan layanan dedicated connection, pengguna layanan akan terhubung dengan internet selama 24 jam penuh selama 7 hari non-stop.

Sistem pembayaran dengan layanan ini biasanya akan dikenakan per bula dan bergantung pada paket yang dipilih.

3. Internet Hotspot

Internet hotspot seringkali digunakan oleh pemilik café dan bandara.

Dengan layanan ini, pengguna internet bisa menghubungkan ke jaringan internet tanpa kabel, sehingga terkesan lebih efektif.

4. Wireless

Sama seperti internet hotspot, jaringan internet menggunakan wireless juga memungkinkan untuk terhubung dengan internet tanpa kabel.

5. Mobile Access

Layanan ini termasuk layanan internet yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet terutama yang memiliki ponsel.

Mobile Access memang memudahkan para pengguna ponsel dikarenakan layanan internet ini mendukung teknologi pada ponsel.

Fungsi ISP

Banyak sekali fungsi atau manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan ISP. Fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

  • ISP memiliki fungsi untuk menyediakan layanan internet bagi pengguna internet supaya mereka dapat terhubung dengan internet.
  • ISP dapat menghubungkan komputer client dengan gateway internet paling dekat
  • ISP berperan sebagai perantara yang menyediakan sambungan internet
  • ISP mampu menghubungkan pengguna internet ke layanan World Wide Web atau www
  • Dengan menggunakan ISP, pengguna internet bisa berkirim surat melalui internet (e-mail), percakapan suara dan video
  • ISP mampu memberikan proteksi penyebaran virus dengan adanya sistem anti-virus

Contoh ISP

Setelah mengetahui pengertian, jenis, dan fungsi ISP, berikutnya untuk lebih mengetahui contoh-contoh dari ISP, simak beberapa contoh ISP yang ada di Indonesia ini.

1. Astinet

Astinet merupakan sebuah singkatan dari Access Service Dedicated to Internet, yang menjadi produk PT. Telkom Indonesia. Layanan ISP dengan Astinet menawarkan sambungan internet skala besar.

2. Telkom Speedy

Sama seperti Astinet, Telkom Speedy juga menjadi produk yang dikeluarkan oleh PT. Telkom Indonesia.

Layanan internet ini merupakan layanan yang memberikan harga yang terjangkau untuk masyarakat ekonomi ke bawah.

Namun, tidak perlu diragukan untuk kecepatan internetnya karena akan tetap stabil.

3. IM2

Layanan internet yang satu ini dikeluarkan oleh PT. Indosat sebagai layanan sambungan internet yang juga melayani jasa domain serta hosting.

4. Centrin

Salah satu layanan internet ini menawarkan jasa sambungan internet yang tergolong canggih dan merupakan milik dari PT. Centrin Online.

5. Provider Seluler

Jasa layanan internet berupa provider seluler menjadi salah satu layanan yang paling banyak digunakan oleh para pengguna ponsel.

Layanan ini berbasis kuota dengan paket-paket tertentu yang bisa dipilih oleh pengguna internet. Dengan adanya provider seluler memang menjadikan kebutuhkan internet lebih mudah, efektif, serta efisien.

Nah, itu tadi penjelasan sekilas mengenai pengertian, jenis, fungsi, dan contoh ISP. Adanya ISP telah memberikan banyak manfaat terutama untuk kehidupan sehari-hari.

Dengan banyaknya jenis ISP terutama yang ada di Indonesia, pengguna internet bisa bebas memilih jenis layanan ISP apa yang mereka inginkan.

Selain itu, harganya pun relatif berbeda-beda dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta jumlah anggaran yang dimiliki.

Leave a Comment