Pengertian Naked URL Adalah : Kelebihan dan Kekurangan

Joko Warino

Pengertian Naked URL Adalah Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Naked URL – Perkembangan teknologi terus berkembang pesat dari masa ke masa.

Dimana sebuah teknologi hadir untuk memudahkan kebutuhan manusia dalam menjalani roda kehidupan.

Demikian juga dengan kemajuan teknologi internet. Berapa berita berpendapat bahwa banyak hal yang dapat diperoleh dari internet, tak terkecuali dengan teknologi komunikasi.

Di era digital ini komunikasi menjadi hal penting apalagi dibutuhkan kecepatan dan ketepatan.

Sebagai contoh kita dapat mengirim pesan melalui email atau sms yang dengan hitungan detik dapat diterima orang yang kita tuju.

Kita juga bisa berbagi kebersamaan walaupun tidak dalam tempat yang sama. Melalui internet juga bisa kita menggali segala informasi mulai dari edukasi sampai hiburan-hiburan.

Tapi pernah kah terpikirkan oleh anda bagaimana orang bisa berbagi informasi melalui website?

Atau mungkin pernah mendengar istilah naked URL?

Pasti diantara kita semua sudah sering mendengar kata URL, tetapi tidak semua orang tau ap arti URL. Berikut ini lah penjelasannya.

URL atau Bahasa mudahnya yaitu alamat web atau lebih tepatnya adalah rangkaian karakter (seperti huruf, angka, maupun simbol) berdasarkan format standar yang telah ditetapkan, yang digunakan untuk menunjukkan alamat sumber yang ada seperti file dan dokumen pada Internet.

URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator. URL ini berfungsi sebagai suatu alat yang dapat membawa anda ke sebuah website spesifik yang ingin dituju.

Biasanya anda diminta menuliskan ini di bagian address atau bar yang terdapat di browser anda. Bisa juga di diibaratkan website adalah rumah. Maka untuk menuju rumah itu anda tentu sangat butuh alamat nah alamat inilah yang disebut URL.

Kemudian ada juga istilah Naked URL.

Apa itu Naked URL?

Apakah ada kelebihan dan kekurangannya?

Tentu saja ada, dan ini lah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Naked URL

Naked URL sering kali disebut sebagai URL kosong. Mengapa demikian?

Mungkin kalian yang mengetahui arti naked mungkin paham apa arti dari naked URL ini dan paham mengapa diartikan Naked URL. Jadi bagaimana sebenarnya maksud dari URL kosong ini?

kosong yang dimaksud adalah tidak adanya penggunaan tulisan https atau www pada URL tersebut.

Jadi website, situs atau blog yang menggunakan URL Naked alamat website nya atau yang disebut URL ini tidak memiliki awalan www atau https.

Sebagai contoh alamat website yang biasa tertulis seperti https//:jokowarinoblog.com atau www.jokowarinoblog.com maka apabila website tersebut Naked URL maka alamatnya akan menjadi, jokowarinoblog.com saja tanpa adanya tambahan https atau www didepannya atau sebelum nama websitenya.

Anda sekalian pasti bertanya apa kelebihan dan kekurangan dari adanya https atau www ini.

Apa berpengaruh pada website tersebut? Berikut adalah penjelasan kelebihan dan kekurangannya dari adanya https dan www ini dalam URL.

Kelebihan Naked URL

Kelebihan yang didapat dari bagi website yang menggunakan naked URL adalah website ini bisa dikatakan sebagai website yang SEO friendly.

Sebelumnya apa kah itu SEO dan apa yang dimaksud SEO friendly?

Baca Juga : Cara Mengembangkan Blog Anda dengan SEO Friendly

SEO adalah suatu proses untuk mengoptimasi website sehingga orang-orang dapat dengan mudah menemukannya melalui search engine seperti Google.

Sebelumnya SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization.

Dengan ini website anda akan memiliki traffic pengunjung yang tentunya lebih baik dan juga memiliki nilai yang lebih baik dimata search engine seperti di google, safari atau search engine lainnya.

Kekurangan Naked URL

Setiap ada kelebihan tentu ada kekurangan begitu pula dengan URL Naked ini  yang memiliki kekurangan. Lalu apa kekurangan yang akan anda dapat dari URL Naked ini? Apa bila anda menggunakan URL Naked  ini beberapa pengunjung atau orang tidak mempercayai.

Penambahan https atau www memiliki fungsi protektif atau perlindungan yang dapat memberikan jaminan keamanan pada pengunjung saat sedang mengunjungi situs tersebut. Oleh karena itu dengan menggunakan naked URL  maka situ atau website atau blog anda menjadi kurang terpercaya.

Itulah merupakan penjelasan singkat tentang naked URL  serta kekurangan atau kelebihannya. Tentunya ada orang yang menggunakan blog atau website atau situs menggunakan URL naked dan ada pula juga yang menggunakan www atau https.

Semua tergantung dengan pilihan individu itu masing masing. Yang pasti dengan menimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Semua juga bergantung pada kebutuhan dan keperluan pengguna dalam memilih pilihannya.

Apabila anda sekalian perlu menggunakan Naked URL  tentu aja anda akan mendapat kelebihan dan manfaat yang sesuai dengan yang anda sekalian ingin kan.

Begitu pula sebaliknya ketika anda sekalian merasa tidak perlu dan ingin webnya lebih dipercaya oleh orang silahkan gunakan www atau https pada web atau blog anda.

Also Read

Tags

Leave a Comment