2 Cara Menampilkan Author Profil Pada Blog WordPress

Cara Menampilkan Author Profil – Author profil merupakan sebuah widget blogger yang berfungsi untuk menampilkan ringkasan profil penulis artikel di suatu blog atau wordpress.

Ada beberapa pengguna blog yang menampilkan widget author profile atau profil penulis di bawah postingan blog mereka.

Menampilkan author profil di setiap postingan blog mempunyai nilai yang sangat baik untuk pembaca atau pengunjung situs kalian.

Karena setiap pembaca yang mengunjungi blog kalian akan mengetahui siapa penulis artikel tersebut, sehingga mereka bisa mengenal diri kalian.

Ada 2 macam widget Author Profil yaitu author box dan author profile. Author box merupakan widget yang dibuat dengan cara manual, ada berbagai macam kode script yang dapat kalian gunakan untuk membuat widget author box.

Dan widget ini biasanya dilengkapi dengan berbagai tombol media sosial seperti facebook, twitter, instagram, youtube, dan yang lain-lain.

Lalu kemudian yang kedua widget author profil seperti yang disebutkan diatas tadi bahwa author profil merupakan sebuah profil penulis.

Widget author profile ini biasanya lebih simpel dan memiliki integrasi dengan profil facebook kalian, sehingga status atau cerita yang kalian tulis di profil facebook akan nampak pada widget ini.

Dengan adanya author profil ini biasanya akan sering dimanfaatkan oleh sebagian pengguna wordpress untuk bisa terus update postingan secara berkala.

Fungsi dari sebuah Author profil ini sebenarnya baik di WordPress, Blogspot atau blog lainnya adalah untuk lebih memperkenalkan penulis kepada pembaca suatu blog.

Untuk kalian yang sedang berbisnis online di sebuah blog fungsi dari Author profil ini juga untuk meningkatkan kepercayaan pembeli di toko online kalian.

Lalu di sebuah author biasanya terdapat sebuah foto profil link social media seperti Facebook, Twitter, Linkedin atau social media lainnya. Lalu bagaimana caranya menampilkan Author Profil pada WordPress?

Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menambahkan atau menampilkan Author Profil di wordpress kalian.

Cara Menampilkan Author Profil Pada Blog WordPress

Ada 2 cara mudah menambahkan Author menggunakan plugin gratisan yang bisa kalian download di website resmi WordPress.org

  1. Yang pertama dengan menggunakan Plugin Guerrilla’s Author Box

Menggunakan Plugin ini kalian bisa menambahkan sedikit informasi tentang diri kalian dan beberapa link sosial media yang sedang kalian gunakan.

Untuk menambahkan data diri kalian silahkan logon ke dashboard website wordpress kalian lalu kemudian cari profil kalian dan isikan informasi tentang diri kalian disana.

Lalu pada dashboard website kalian dapat mengunjungi User>>All user lalu klik edit untuk menambahkan user yang kalian pilih, setelah kalian berhasil meambahkan informasi tentang user kemudian klik save.

Maka dari itu akan muncul pada setiap postingan wordpress kalian.

  1. Menggunakan plugin  Meks Smart Author Widget

Menggunakan plugin yang satu ini, kalian dapat menambahkan Author Box menggunakan fitur widget yang sudah menjadi bawaan dari WordPress.

Sama dengan cara yang pertama, cara ini juga menggunakan plugin dan bisa anda download di websitenya WordPress.

Jika kalian sudah selesai menginstal dan mengaktifkan plugin ini, maka kalian bisa mengunjungi halaman Widget melalui Appearance » Widget. 

Dan pada halaman widget kalian nanti akan menemukan Widget Meks Smart Author dekat widget lainnya.

Kemudian tambahkan informasi yang ingin kalian tampilkan melalui widget tersebut.

Itulah Cara menampilkan Author Profil pada WordPress. Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua.

Leave a Comment