Cara Kerja Mesin Pencari Google dalam Merangking Keyword

Cara Kerja Mesin Pencari Google – Keberadaan mesin pencari Google bukanlah suatu hal yang baru lagi.

Hampir setiap orang yang membutuhkan suatu informasi dengan cepat akan memilih mencari lewat mesin pencari Google.

Google pun seringkali disebut sebagai ‘Mbah Google’ karena kecerdikannya yang tahu hampir semua hal.

Melihat banyaknya orang yang kini mengandalkan Google, menjadikan pemilik situs website atau blog mulai mengoptimalkan situs mereka supaya tampil di halaman pertama Google.

Bagi pemilik situs website atau blog, ketika situs yang mereka punya bisa tampil di halaman pertama adalah suatu kebanggaan.

Apalagi jika pemiliki situs tersebut juga seorang pebisnis yang sedang mengembangkan usahanya, maka hal ini pasti akan menambah daya jual produk mereka.

Namun, di balik canggihnya Google dalam menghimpun informasi, ternyata Google memiliki cara tersendiri untuk merangking suatu keyword dan website.

Dengan mengetahui cara Google dalam merangking keyword, tentu saja akan lebih memudahkan pemilik website untuk mengenal secara mendasar cara kerja Google.

Dengan begitu pemilik situs akan bisa meningkatkan dan mengundang banyak traffic untuk berkunjung ke situs yang dimiliki.

Nah, untuk itu, mari simak penjelasan tentang bagaimana cara mesin pencari Google dalam merangking keyword berikut.

Cara Kerja Mesin Pencari Google

Sebelum melangkah ke penjelasan yang lebih dalam, maka hal yang paling mendasar seperti cara Google bekerja harus diketahui terlebih dahulu.

Google dalam langkahnya yang paling awal, akan mengumpulkan informasi dari websitewebsite (dalam hal ini disebut sebagai crawling) melalui suatu kode yang disebut sebagai ‘spider’.

Spider ini akan mengunjungi suatu situs dan menacari link atau hyperlink yang tertaut dalam situs.

Kemudian, spider akan mengunjungi link dalam situs itu, dan seterusnya hingga setiap situs telah terjelajah.

Setelah spider mencari setiap data, maka informasi dari setiap situs meliputi url, judul, isi dan lain sebagainya akan di simpan pada suatu database besar milik Google.

Pada proses menghimpun dan merangkum informasi inilah disebut dengan proses indexing.

Dengan adanya proses indexing ini, ketika seseorang mencari satu keyword atau kalimat pada kolom search Google, maka Google akan menunjukkan website mana saja yang mengandung keyword atau kalimat yang dicari.

Algoritma Google dan Faktornya

Algoritma Google bisa dikatakan adalah hal pokok yang menjadi penentu Google menjadi mesin pencari nomor satu.

Dengan adanya algoritma ini membantu mesin pencari untuk menemukan situs atau web secara akurat sesuai dengan keyword yang dicari.

Hanya saja, algoritma dari Google terus berubah dan diperbarui sehingga pemilik situs tentunya harus siap dengan setiap perubahan dari algoritma.

Algoritma dari Google ini juga sangat berperan dalam rangking suatu keyword maupun situs.

Disamping itu, algoritma Google juga banyak macamnya, namun ada dua faktor utama yang perlu diketahui untuk membantu perangkingan dengan Google.

Faktor yang pertama adalah keyword factors dan yang kedua adalah link factors.

1. Keywords Factors

Keyword menjadi faktor pertama yang mendukung suatu algoritma. Dalam hal ini, keyword merupakan suatu kata kunci yang sering digunakan oleh orang-orang untuk mencari suatu informasi tertentu.

Dengan menggunakan keyword yang tepat, tentunya membantu optimasi suatu situs dan akan mempengaruhi rangking situsnya.

Secara umum, Google akan menilai judul dan isi halaman apakah pada judul da nisi tersebut terdapar keyword yang dicantumkan.

Baca Juga : Cara Menerapkan Keyword Density

2. Link Factors

Pada link factors ini, suatu website yang memiliki banyak rujukan dari website lain, pastinya akan mendapatkan nilai special dengan tampil di halaman pertama Google.

Link fators ini seringkali dikaitkan dengan PageRank, dimana suatu website yang memiliki PageRank tinggi, maka akan memiliki peluang untuk muncul di halaman awal Google.

Akan tetapi, PageRank tidak bisa dijadikan patokan sebagai satu penentu yang membantu rangking.

Dikarenakan pada suatu website yang lebih mengoptimalkan keyword daripada PageRank akan lebih unggul dibandingkan dengan situs yang mengoptimalkan PageRank dibandingkan dengan keyword.

Efektivitas Keyword untuk Ranking Situs

Meskipun ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk merangking suatu situs pada halaman pertama, namun cara yang paling ampuh adalah dengan mengoptimalkan keywords.

Beberapa cara bisa dilakukan dengan mengoptimalkan keywords diantaranya, pertama mencantumkan keywords pada judul artikel. Kedua, cantumkan keywords di paragraf awal artikel. Ketiga, jangan lupa untuk mencantumkan keywords pada link text.

Selain itu, tetap optimalkan PageRank dengan mencantumkan link yang akan merujuk ke situs yang dimiliki.

Keywords memang terlihat sepele, namun justru hal inilah yang paling banyak menolong optimasi suatu website.

Ditambah lagi sistem algoritma yang dimiliki Google yang lebih banyak mengoptimalkan keywords sehingga hal ini tidak boleh dilewatkan.

Nah, begitulah penjelasan sekilas tentang cara kerja mesin pencari Google merangking keyword.

Dengan mengetahui secara sekilas beberapa langkah dan cara yang dilakukan oleh Google dalam merangking suatu keyword dan situs, tentunya ini akan lebih memudahkan suatu pemilik situs untuk meningkatkan optimasi.

Leave a Comment