Pengertian Digital Payment Adalah : Keuntungan dan Kerugian Menggunakan

Joko Warino

Pengertian Digital Payment Adalah Keuntungan dan Kerugian Menggunakan

Pengertian Digital Payment – Di era teknologi semacam ini, banyak istilah-istilah baru yang bermunculan.

Di antaranya adalah digital payment. Ada masyarakat yang sudah mengenal dan bahkan menjalankannya. Tetapi juga banyak orang yang belum mengetahuinya.

Atas dasar hal tersebut, di bawah ini akan dijelaskan tentang digital payment. Ulasannya seputar pengertian, keuntungan dan kerugiannya. Ini dia penjelasan lengkapnya:

Pengertian Digital Payment

Digital payment adalah teknik pembayaran dengan menggunakan alat elektronik. Biasanya teknik ini dilakukan untuk transaksi jual beli produk di internet yang dikenal dengan istilah transaksi online.

Tujuan diberlakukan digital payment semata untuk mempermudah transaksi pembayaran. Karena Anda tidak perlu pergi ke ATM untuk transfer tetapi bisa langsung melalui Smartphone.

Ada banyak jenis pembayaran via digital payment. Di antaraya adalah pembayaran melalui SMS, Internet Banking, Mobile Banking hingga dompet elektronik.

Dengan sistem pembayaran digital payment otomatis orang lebih tertarik dibandingkan menggunakan sistem pembayaran tunai. Karena ini lebih mudah sekalipun keamanannya masih belum terjamin.

Menggunakan digital payment ada kerugian dan keuntungannya. Semuanya harus menjadi perbandingan sebelum memilih untuk menggunakan perangkat ini.

Nah di bawah ini akan dijelaskan tentang keuntungan dan kerugian menggunakan digital payment. Silakan di simak semoga ada manfaatnya untuk Anda.

Keuntungan Menggunakan Digital Payment

Digital payment adalah teknik pembayaran yang sangat menyenangkan dan menguntungkan. Berikut ini keuntungan-keuntungan yang dimaksud:

1. Lebih Mudah dan Praktis

Keuntungan yang pertama adalah transaksi pembayaran lebih mudah dan praktis. Karena tidak perlu merogoh tas atau dompet untuk mengambil uang. Cukup menggesek kartu pembayaran sudah bisa dilakukan.

Selain itu, bagi yang menggunakan internet banking, bisa langsung membayar hanya dengan klik aplikasi di android. Nanti sistem yang akan mengirimkan uangnya ke pihak penjual.

2. Memiliki Keamanan Berlapis

Jika menyimpan uang di dompet tentu risikonya ialah pencurian, pemalakan atau uang hilang. Maka dari itu, diperlukan pembayaran non tunai yang disebut digital payment yang mengharuskan Anda tidak perlu membawa uang tunai setiap bepergian.

Selain itu, digital payment sudah diperkuat dengan security system berlapis. Sehingga keamanannya lebih terjamin. Termasuk keamanan akun si pemilik uang itu sendiri.

Maka dari itu, dibandingkan menggunakan uang tunai, lebih baik lakukan transaksi via digital payment saja. Ini lebih nyaman serta terhindar dari rasa was-was.

3. Transaksi Lebih Cepat

Jika menggunakan digital payment transaksi pembayarannya lebih cepat. Sehingga waktu Anda tidak terbuang percuma hanya untuk antri di supermarket. Karena yang anda lakukan cukup menggesekkan kartu saja pada alat yang sudah tersedia. Cukup simpel bukan.

Jika menggunakan aplikasi perbankan transaksinya lebih cepat lagi. Karena Anda tidak usah pergi ke ATM jika hanya untuk transfer uang. Cukup bermodal android yang di dalamnya sudah dipasang aplikasi e Banking.

Bisa dibayangkan berapa banyak waktu yang terbuang jika pergi ke ATM yang jauh. Maka dari itu, digital payment lebih untung dibandingkan pembayaran tunai.

Kerugian Menggunakan Digital Payment

Sekalipun banyak keuntungannya, transaksi via digital payment juga memiliki beberapa kerugian. Ini dia kerugian yang dimaksud:

1. Membutuhkan Perangkat Teknologi

Digital Payment adalah pembayaran dengan menggunakan teknologi. Maka dari itu, untuk bisa menerapkannya dibutuhkan perangkat elektronik seperti alat gesek dan smartphone.

Untuk memiliki perangkat-perangkat tersebut tentu Anda harus membelinya terlebih dahulu. Tidak dipungkiri jika harganya cukup mahal sehingga perlu budget yang banyak untuk bisa mendapatkannya.

Ini salah satu kerugian dari transaksi pembayaran via digital payment. Terutama untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah.

2. Membutuhkan Pengetahuan yang Mumpuni

Untuk menggunakan digital payment dibutuhkan pengetahuan yang mumpuni. Tentunya yang terkait dengan teknologi digital dan unsur-unsurnya.

Jika tidak tahu cara download dan instal aplikasi di android, tentu tidak akan bisa menggunakan digital payment E banking. Karena untuk mendapatkannya pengguna harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Jika tidak tahu cara menggesek kartu digital payment, tentu pembayaran digital juga tidak bisa dilakukan. Kecuali Anda meminta bantuan ke pihak kasir. Ironinya lagi jika ia juga tidak bisa menjalankannya, tentu proses pembayaran menjadi terhambat.

Maka dari itu, sebelum menerapkan pembayaran digital payment pelajari dulu baik-baik yang terkait dengannya. Sehingga saat melakukan pembayaran bisa berlangsung dengan lancar.

3. Mendorong Perilaku Konsumtif

Kerugian yang terakhir adalah mendorong perilaku konsumtif. Yang mana risikonya ialah pengeluaran lebih banyak hanya untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Ini akibat dari transaksi via digital payment yang sangat mudah. Sehingga masyarakat tertarik untuk menggunakannya di setiap kesempatan.

Kondisi ini tentu tidak menguntungkan. Karena efeknya bisa merusak perekonomian di dalam keluarga. Jika dari keluarga berada tidak masalah. Tetapi jika dari kalangan ekonomi lemah, justru transaksi semacam ini bisa merugikan dan membahayakan.

Also Read

Leave a Comment