15 Cara Meningkatkan Penjualan Produk Baru

Joko Warino

15 Cara Meningkatkan Penjualan Produk Baru

Ketika memiliki bisnis baru, tentu kita ingin penjualannya meningkat dengan cepat, tetapi akan ada banyak kesulitan untuk mencapai hal itu.

Mulai dari masalah dana, hingga kemampuan dalam memasarkan produk di tengah banyaknya persaingan bisnis lain yang lebih dulu dikenal oleh konsumen.

Kesulitan pertama yang harus dihadapi adalah pemasaran produk agar penjualan meningkat dan bisa menghasilkan omset yang menggiurkan.

Pemasaran menjadi hal yang sangat penting karena berfungsi untuk mengenalkan produk kita kepada target pasar yang telah ditentukan.

Cara Meningkatkan Penjualan Produk Baru

Memasarkan produk baru tidaklah mudah, banyak trategi yang harus ditentukan agar pemasaran yang kita lakukan lebih matang, efektif, dan efisien.

Untuk itu, kita  harus tahu berbagai cara jitu dalam pemasaran yang bisa meningkatkan penjualan produk baru.

1. Riset dan Mengenal Target Pasar

Riset pasar diperlukan untuk mencari tahu besar atau kecilnya potensi produk kita di pasaran dan menentukan konsumen yang potensial.

Sebelum itu, pastikan kita sudah paham kualitas dan kegunaan dari produk yang akan dijual, sehingga dapat menentukan target pasar yang akan dituju dan pemasaran menjadi lebih efektif.

Memahami target pasar bisa berupa menentukan sasaran konsumen yang dituju, misalnya untuk kalangan anak-anak, remaja, atau orang dewasa.

Hal ini akan mempermudah kita ke depannya untuk melakukan pemasaran produk. Selain itu pikirkan apakah pasar memerlukan produk kita atau tidak.

Lalu perhatikan juga kompetitor. Jika produk kita benar-benar baru dan tidak ada kompetitor lain di luar sana, target pasar akan semakin luas, tetapi jika kompetitor sudah banyak, maka lakukanlah evaluasi agar produk kita memiliki nilai lebih tinggi dibanding yang lain.

2. Ciptakan Produk yang Berkualitas

Pembeli atau konsumen zaman sekarang sudah sangat pintar dalam memilih produk, mereka dapat sangat loyal ketika yang didapatkan adalah produk yang berkualitas.

Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga kualitas produk kita, apalagi masih baru dan memiliki pesaing yang banyak.

Menjaga kualitas produk dapat diperhatikan mulai dari bahan yang digunakan, proses produksinya, hingga hasil dan pengemasannya.

Tetap konsisten memberikan produk yang unik, menarik dan berkualitas tinggi agar penjualan semakin meningkat.

3. Buat Kemasan dan Merk yang Menarik

Merk dan kemasan adalah wajah suatu produk dan menjadi hal pertama yang akan memikat konsumen.

Karena produk kita masih baru, maka buatlah seunik dan semenarik mungkin agar mudah diingat oleh konsumen dan terlihat spesial dari yang lain.

4. Promosikan!

Promosi merupakan cara untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Seperti pembahasan di awal, sebelum melakukan promosi, tentu kita sudah harus tahu target pasar yang akan dituju.

Seperti usia konsumen, lokasi pemasaran, dan juga media yang tepat agar promosi yang kita lakukan bisa fokus dan efesien.

Pilihlah lokasi yang tepat tergantung target konsumen. Jika produk kita ditargetkan untuk kalangan anak muda atau sekolahan, maka lakukan promosi di sekitaran sekolah untuk memasang banner dan membagikan brosur atau pamflet dan gunakan media sosial yang banyak digunakan oleh anak sekolahan, contohnya Instagram.

5. Manfaatkan Sosial Media untuk Promosi dan Komunikasi

Kehadiran internet membuat segala hal menjadi lebih mudah, contohnya dalam pemasaran produk di sosial media, sebab sosial media adalah sarana yang paling mudah dijangkau dan digunakan oleh berbagai macam kalangan atau latar belakang.

Maka, manfaatkanlah sosial media sebagai sarana promosi secara online. Pilihlah platform yang tepat agar mencapai target yang ditetapkan, sehingga pemasaran menjadi lebih efektif.

Selain karena harganya lebih hemat dibandingkan melalui televisi, radio, ataupun koran, sosial media juga dapat menjadi sarana komunikasi yang efektif.

Kita dapat lebih mudah berhubungan langsung dengan konsumen, hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan kedekatan dengan konsumen.

Jika kita memiliki pengetahuan dasar di bidang digital marketing, maka akan menjadi modal besar untuk bisa lebih memaksimalkan pemasaran menggunakan internet atau sosial media, sehingga penjualan produk semakin meningkat.

6. Pemasaran dengan Reseller dan Dropship

Di era bisnis online, Reseller dan Dropship menjadi sarana yang cukup efisien untuk melakukan pemasaran. Kita hanya perlu mengirimkan produk kepada konsumen sesuai dengan pesanan.

Tetapi sebelum memutuskan untuk kerja sama dengan Reseller dan Dropship, ada baiknya lebih dulu menetapkan target penjualan agar kita tidak mengalami kerugian. Jadi, jangan sampai asal pilih Reseller dan Dropship.

Baca Juga : Dropship: Pengertian dan Cara Kerja Dropship

7. Tawarkan Promo Menarik

Menawarkan promo yang menarik akan memikat konsumen untuk membeli produk kita. Salah satu caranya, bisa dengan promo discon atau buy one get one yang akan membuat konsumen jadi ingin membeli dan jika produk kita memang berkualitas, tidak menutup kemungkinan kalau mereka akan menjadi pelanggan tetap.

Selain itu, kita juga bisa menawarkan kupon belanja unntuk memberi pengurangan harga pada produk. Hal ini akan membuat konsumen merasa bersahabat dengan kita.

Meskipun cara ini akan membutuhkan dana yang lebih besar, tapi kita bisa meminimalisirnya dengan memanfaatkan koneksi dan relasi.

Tapi ingat, tetap perhitungan untung dan ruginya, jangan sampai promo ini malah membuat kita menjadi rugi.

Salah satu cara menyiasati hal ini adalah dengan memberikan batas waktu berlakunya promo, misalnya hanya berlaku untuk dua atau tiga hari sejak promo diberlakukan.

Cara ini akan membuat konsumen tertarik untuk membeli dan penjualan akan semakin meningkat.

8. Menjadi Sponsor Kegiatan

Menjadi sponsor dari suatu kegiatan atau event baik secara online maupun offline akan menjadi pilihan yang efektif. Apalagi menjadi sponsor dari kegiatan yang sesuai dan produk kita.

Selain menjadi sponsor, kita juga bisa memanfaatkan suatu acara dari pihak lain untuk ikut serta dan memasarkan produk di sana.

Maka kita hanya perlu menjual produk secara langsung dan konsumen akan datang dengan sendirinya ke acara tersebut.

9. Berikan Garansi dan Strategi Bundling

Memberikan garansi pada produk kita akan membuat konsumen merasa aman dan lebih percaya. Sehingga mereka tidak akan merasa ragu untuk membeli.

Sementara itu, dengan adanya bundling, konsumen akan lebih tertarik sebab harganya akan lebih murah dibandingkan membeli secara eceran.

10. Gunakan Jasa Orang Terkenal

Di era milenial ini, tentu kita sudah tidak asing dengan istilah selebgram, nah, kamu bisa memanfaatkan selegram yang membuka jasa endorse sebagai sarana pemasaran produkmu.

Hal ini akan menjadi lebih efektif karena orang-orang mudah terpengaruh oleh selebgram yang mereka sukai.

11. Jaga Hubungan Baik dengan Konsumen dan Pelanggan

Menjaga hubungan dengan konsumen adalah hal yang harus diperhatikan agar produk kita semakin berkembang dan disukai banyak orang.

Salah satu cara untuk menyenangkan konsumen adalah dengan membuatnya merasa spesial. Contohnya memberikan kartu member disertai potongan harga.

Konsumen akan merasa senang dan tertarik lalu memutuskan untuk menjadi pelanggan, ini akan sangat menguntungkan kita.

Jagalah konsumen yang telah menjadi pelanggan setia, berikan discon atau hadiah, ciptakan kondisi yang nyaman bagi mereka.

Ketika pelanggan kita sudah loyal dan setia, kita bisa memanfaatkannya untuk menjadi salah satu jalur pemasaran lain, karena pelanggan yang sudah loyal akan berinisiatif untuk merekomendasikan produk kita kepada orang lain. Jika perlu, kita bisa memberikan insentif berupa potongan harga atas jasa mereka.

12. Promosi dari Mulut ke Mulut

Selain pemasaran secara online, promosi dari mulut ke mulut masih menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan produk. Sebab, biasanya orang-orang lebih percaya rekomendasi dari orang yang mereka kenal.

Konsumen yang puas dengan produk kita, akan membicarakannya kepada orang terdekatnya dan hal ini akan membuat produk kita menjadi lebih dikenal.

13. Konsisten dan Berani Tampil Beda

Ada berbagai cara untuk memasarkan produk, tapi kita harus berani untuk menggunakan cara yang beda dari yang lain.

Usahakan seunik bahkan keluarlah dari jalur pemasaran yang biasa. Hal ini berguna untuk membari kesan yang spesial di mata konsumen.

Selain itu, lakukanlah promosi yang konsisten agar konsumen dapat selalu melihat produk kita di pasaran. Bisa saja, mereka yang awalnya  tidak berminat, tapi karena sering melihat produk kita, mereka akhirnya tertarik untuk membeli.

14. Ikuti Kegiatan Amal

Mengikuti kegiatan amal dapat membuat konsumen merasa yakin kalau produk kita ramah lingkungan dan tepat untuk kebutuhan mereka.

Menunjukkan rasa peduli pada lingkungan akan membuat  produk kita menjadi brand yang disukai masyarakat. Misalnya, mengadakan penggalangan dana melalui sebagian dari hasil penjualan produk kita.

15. Berikan Produk Sample

Menyediakan produk sample adalah cara paling  tepat untuk memperkenalkan produk baru kepada konsumen.

Biasanya, orang-orang akan ragu mencoba sesuatu yang baru karena takut dibuat kecewa. Tetapi jika kita memberikan sample gratis dan membuat mereka mencobanya dan ternyata tidak mengecewakan, mereka dapat menjadi konsumen tetap dan menaruh kepercayaan kepada produk kita.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan penjualan produk baru yang dapat diperhatikan dan diikuti. Meskipun tidak mudah, tetapi jika kita terus konsisten dan rajin melakukan evaluasi untuk meningkatkan kualitas produk dan pemasaran, produk kita akan semakin dikenal dan bisa saja menguasai pasar dan menghasilkan omset yang memuaskan.

Baca Juga : Cara Mengembangkan Ide Kreatif Dalam Bisnis Internet

Also Read

Leave a Comment