Bauran Pemasaran : Pengertian, Strategi dan Manfaatnya

Dunia bisnis adalah dunia yang dilakukan oleh sebagian orang selama ini. Di mana dalam perkembangan jaman sekarang ini dunia bisnis semakin menarik minat banyak orang.

Tak hanya oleh kalangan para orang tua saja yang tertarik menjalani dunia bisnis. Namun sekarang ini banyak dari orang muda yang tertarik untuk melakukan pekerjaan sebagai pebisnis.

Di mana dalam melakukan pekerjaan di bidang bisnis orang itu pasti ingin agar barang yang dijual bisa segera mendapatkan pembeli dan laku terjual.

Dan salah satu caranya yaitu dengan menerapkan marketing. Dan salah satu jenis system marketing yang banyak dipakai sekarang ini adalah bauran pemasaran.

Nah mungkin saja banyak orang awam yang tidak mengetahui dengan apa yang dimaksud bauran pemasaran.

Dan untuk menjawab rasa penasaran anda di bawah ini kami akan memberikan informasi yang berguna untuk anda semua mengenai bauran pemasaran. Penasaran kan? Yuk kita dan simak bersama penjelasan yang akan kami uraikan dibawah ini.

DAFTAR ISI

Pengertian Bauran Pemasaran

Apa itu Bauran Pemasaran? Di mana dalam melakukan kegiatan bisnis kita perlu adanya marketing. Apalagi di jaman yang sekarang ini ada beberapa jenis cara untuk memasarkan bisnis dan usaha mereka. Dan salah satu system pemasaran yang banyak dipakai saat ini adalah bauran pemasaran.

Bauran pemasaran atau yang bisa dikenal dengan nama lain system pemasaran campuran. Pengertian Bauran pemasaran adalah suatu system atau cara yang dilakukan dalam dunia marketing dengan tujuan untuk memaksimalkan keberhasilan pada suatu penjualan barang dan juga jasa.

 Adapun system bauran ini dicetuskan oleh  Jerome Mc Carthy. Dia mencetuskan system ini pada tahun 1960an.

Pengertian Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli

Rupanya dalam perkembangannya di sini pendapat mengenai bauran pemasaran itu sendiri tak hanya ada dalam satu definsi saja.

Namun rupanya seiring dengan berjalannya waktu muncul  beberapa pendapat dan pandangan dari para ahli mengenai bauran pemasaran. Di bawah ini kami akan memberikan informasinya untuk anda.

1. Kotler dan amstrong

Bauran pemasaran menurut pendapat dari Kotler dan Amstrong adalah alat pemasaran yang dipakai oleh perusahaan untuk meyakinkan target  pasar yang dituju.

2. Dhaimestas dan Irvan

Adapun menurut mereka berdua pengertian dari bauran pemasaran adalah suatu variable yang dikeluarkan dan dipakai oleh perusahaan sebagai salah satu sarana untuk   bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan dari pembeli atau target pasar.

3. Gugup Kismono

Selain itu pegertian dari bauran pemasaran menurut Gugup Kismono adalah suatu bentuh kombinasi dari beberapa variable yang merupakan inti dari pemasaran yang terdiri dari strategi, produk,harga,promosi, dan juga tempat.

4. Sumarni dan Soeprihanto

Selain itu pengertian lain dari bauran pemasaran yaitu adalah gabungan dari beberapa jenis variable yang dipakai oleh pihak perusahaan dengan tujuan untuk bisa mempengaruhi para pembeli atau target pasar untuk mau membeli dan memakai barang yang dijual dan ditawarkan dari pihak perusahaan atau penjual.

Manfaat bauran pemasaran

Kita semua tahu bahwa setiap benda atau suatu hal pasti diciptakan mempunyai tujuan dan maksud tertentu.

Begitu pula di sini dengan manfaat dari adanya bauran pemasaran. Nah mungkin banyak orang awam yang tidak mengetahui apa sih manfaaat dari bauran pemasaran.

Penasaran kan? Yuk kita baca dan simak bersama penjelasan yang  akan kami uraikan seperti yang ada di bawah ini

1. Mengoptimalkan produk dan juga jasa

Manfaat pertama yang dimiliki oleh adanya bauran pemasaran adalah bisa mengoptimalkan produk dan juga jasa.

Di mana ketika suatu bisnis bisa dilakukan secara baik dan juga optimal maka bisnis tersebut mampu untuk menerima dampat positif pada produk barang dan juga jasa.

Dan tentu saja produk barang dan jasa akan mempunyai nilai yang tersendiri di mata para pembeli atau juga target pasar.

Di mana dengan adanya bauran pemasaran itu sendiri kita sebagai  pelaku bisnis bisa mengetahui apa saja yang menjadi keperluan dari pembeli atau target pasar.

2. Mengoptimalkan sumber daya yang ada

Kita tahu bahwa dalam melakukan suatu bisnis kita pasti memerlukan sumber daya. Di mana sumber daya itu perlu untuk dimanfaatkan secara optimal dan juga maksimal.

Nah dengan adanya bauran pemasaran para pelaku bisnis diharapkan untuk bisa secara optimal memaksimalkan sumber daya yang ada. Karena dengan begitu bisa mendukung usaha bisnis yang dikembangkan bisa semakin maju dan berkembang.

Karena banyak diketahui jika banyak dari pelaku bisnis atau perusahaan yang mempunyai banyak sekali sumber daya alam namun tidak dimanfaatkan secara baik dan optimal.

Akibatnya di sini adalah  sumber daya yang ada itu menjadi terbuang dengan percuma usaha bisnis yang dikembangkan itu menjadi tidak bisa berkembang dengan baik.

Maka dari itu dengan adanya bauran pemasaran itu diharapkan pada para pelaku bisnis dan juga perusahaan bisa memanfaatkan sumber daya yang ada.

Sehingga usaha bisnis yang dikembangkan dan didirikan bisa semakin maju dan berkembang.

3. Mengaplikasikan strategi bisnis dengan lebih baik dan efisien

Setiap jenis usaha dan perusahaan tentu saja mempunyai strategi yang berbeda-beda untuk bisa mencapai tujuan mereka dalam menjalani pekerjaan di bidang bisnis.

Demikian juga di sini ketika seorang pelaku usaha atau perusahaan memanfaatkan dan menggunakan bauran pemasaran tentu saja akan mendapatkan cara dan juga strategi bisnis agar bisa mencapai tujuan dan goal mereka dalam menjalani pekerjaan sebagai seorang pebisnis dan pemilik perusahaan.

4. Mempunyai potensi besar dalam memenangkan

Kita semua tentu tahu bahwa dunia bisnis itu selalu ada system persaingan dengan pedagang lain. Entah itu persaingan yang hadir dalam skala kecil maupun dalam skala besar. Nah untuk bisa memenangkan persaingan di pasar dengan pelaku bisnis atau pedagang lain.

Tentu saja seorang pelaku bisnis atau perusahaan pasti mempunyai cara dan juga strategi untuk bisa memenangkan  persangan dagang dengan banyak pelaku bisnis di luar sana.

Dan harapannya di jaman yang serba modern dan canggih seperti sekarang ini bisa memanfaatkan bauran pemasaran.

Semakin banyak perusahaan dan juga pelaku bisnis yang mampu untuk bersaing dalam hal bisnis dengan sesama pedagang.

Dan selain itu bisa mencapai tujuan dan juga goal mereka dalam melakukan dan juga menekuni pekerjaan di bidang bisnis.

Strategi bauran pemasaran

Dalam bauran bisnis tentu saja ada beberapa strategi bauran bisnis. Adapun beberapa  bauran bisnis adalah produk, kemasan, bauran pemasaran, tempat, promosi, SDM, proses.

Nah itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan untuk anda semua mengenai pengertian, strategi, dan manfaat dari bauran pemasaran.

Semoga informasi yang kami bagikan itu bisa berguna dan bermanfaat untuk anda semua. Terlebih di sini untuk anda yang merasa tertarik dan sedang menjalani pekerjaan di bidang bisnis.

Leave a Comment