8 Cara Mengelola Hutang Secara Efektif

Cara Mengelola Hutang Secara Efektif – Hutang sering terjadi di kehidupan kita, manusia dalam semasa hidupnya mungkin tidak luput dari hutang, mau itu hutang uang, barang, jasa, atau bahkan hutang puasa.

Hutang itu sendiri adalah suatu yang dipinjamkan mau uang ataupun barang yang harus dikembalikan ke orang yang meminjamkannya secara penuh atau sesuai dengan perjanjian.

Dalam kehidupan ini kita biasanya hutang ke orang atau ke bank dengan menggunakan kartu kredit. Mau dengan kondisi apapun hutang bersifat wajib dibayar atau sesuai dengan permintaan orang yang dihutangkan.

Masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara mengelola hutang secara efektif, yang menyebabkan bukannya hutangnya terbayar malah semakin menambah banyak hutang tersebut.

Baca Juga : Perbedaan Utang Usaha Dengan Utang Wasel

Cara Mengelola Hutang Secara Efektif

Maka dari itu sekarang kita akan membahas bagaimana cara mengolah hutang secara efektif, mungkin in akan membantu Anda yang memiliki hutang agar bisa melunaskannya segera.

1. Sesuaikan hutang dengan kebutuhan Anda

Untuk menghindari hutang yang banyak dan tidak jelas untuk apa Anda harus menyesuaikan hutang tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan hanya karena Anda ingin terlihat keren Anda harus sampai berhutang kesana kemari untuk membeli barang yang anda inginkan.

Catat apa yang Anda sangat butuhkan sehingga mengharuskan Anda untuk berhutang, contohnya jika Anda sedang membuat usaha tapi Anda tidak memiliki uang untuk dijadikan modal usaha tersebut.

2. Perhitungkan risiko yang didapat

Sebelum Anda ingin berhutang perhitungkanlah secara matang rsiko dari hutang tersebut, Anda harus tau batas kemampuan mana yang mampu Anda bayar.

Karena risiko itu bisa terjadi kapan saja. Hal ini menjaikan Anda harus berhati-hati dalam menggunakan dana pinjaman.

3. Membayar hutang tepat waktu

Dalam perjanjian hutang pasti ada bunga, pokok hutang, dan jatuh tempo. Menumpuk hutan itu berarti menambah beban Anda, karena semakin banyak hutang yang Anda tumpuk, semakin besar bunga hutang yang Anda dapat, hal ini membuat Anda semakin sulit.

Maka dari itu segeralah membayar hutang ketika sudah jatuh tempo, jangan sampai menunggu debt collector yang menagih, yaa.

4. Sesuaikan dengan kemampuan membayar

Jika Anda sudah berhutang, maka pinjamlah sesuai dengan yang Anda mampu bayar. Jika hutang tersebut untuk membuka usaha atau untuk perusahaan, pertimbangan kemampuan melunasi hutang dapat dilihat kira-kira berapa besar keuntungan yang perusahaan dapatkan setiap bulannya.

Namun jangan semua keuntungan yang perusahaan dapat, digunakan untuk membayar hutang, pikirkan juga dana untuk modal selanjutnya dan lain lain.

5. Hindari pembayaran hutang dengan berhutang

Banyak orang yang berhutang dan frustasi karena tidak bisa melunasi hutang, mereka memilih untuk meminjam uang dari tempat lain untuk membayar hutang tersebut.

Jangan pernah lakukan itu, karena itu tidak memberikan efek apa-apa begi kehidupan Anda, malah anda membuat hutang itu semakin banyak.

Seperti pepatah orang zaman dahulu gali lubang tutup lubang. Jika anda tidak sanggup membayar hutang tersebut, anda harus bekerja lebih keras untuk melunaskan hutang tersebut, atau jang pernah berhutang. Hanya ada dua pilihan yang anda dapat kan.

6. Kelola hutang dari jumlah yang terkecil

Setelah memperhatikan besarnya hutang dan bunga yang didapat, kemudian bayarlah hutang dari jumlah yang terkecil. Hutang yang kecil ini bukan cuma dilihat berdasarkan nominal awal saja.

Anda juga harus menjumlahkan semua biaya utang, termasuk bunga, denda keterlambatan, biaya administrasi, serta mempertimbangkan skema perhitungan bunga perbulan. Penerapan ini disebut juga debt snowball.

Hutang yang relatif kecil lebih mudah untuk dibayar, sedangkan hutang dalam jumlah besar mungkin membutuhkan waktu lama untuk dibayar.

7. Negoisasi dengan supplier

Sebelum anda memutuskan untuk berhutang, jangan segan untuk bernegosiasi dengan supplier penyedia jasa peminjaman uang, agar anda bisa mendapat potongan harga, terutama jika Anda memesan dalam jumlah yang besar.

Dengan demikian jika Anda berhasil mendapat diskon maka jumlah tagihan Anda perbulannya akan berkurang, mungkin lebih bisa meringankan beban anda.

8. Tingkatkan pendapatan anda

Untuk membayar hutang-hutang yang besar tersebut, Anda harus berkerja lebih keras untuk menambah pendapatan Anda sehingga bisa lebih mudah untuk melunasi hutang-hutang tersebut. Jangan patah semangat Anda harus selalu ingat hutang-hutang yang anda buat.

Begitulah cara efektif untuk mengelola hutang. Mungkin artikel ini sedikit memudahkan anda yang baru ingin mencoba membuka usaha dan modalnya dari berhutang. Jadi anda bisa mempertimbangkan dahulu sebelum anda memutuskan untuk berhutang.

Jangan sampai anda berhutang dengan asal-asalan tidak tahu bagaimana cara mengelola hutang tersebut. Dampaknya sangat serius bagi anda. Debt collector tidak segan-segan mendatangi anda untuk menagih hutang tersebut.

Dan juga anda harus berfikir dengan matang apakah uang yang anda pinjam itu akan sangat bermanfaat dan bisa balik modal untuk anda, atau bahkan anda berhutang hanya untuk bergaya agar terlihat keren.

Leave a Comment