Cara Membangun Brand Awareness Untuk Bisnis Anda

Cara Membangun Brand Awareness – Apakah anda pernah menyebut pasta gigi sebagai odol?

Menyebut air mineral sebagai aqua?

Menyebut sepeda motor dengan honda?

Atau mungkin, menyebut sabun cuci baju sebagai rinso?

Ya, banyak sekali masyarakat yang menyebutkan nama merk padahal yang dimaksudkan adalah sebuah benda.

Nama-nama merk di atas melekat pada ingatan masyarakat dari waktu ke waktu. Perusahaan-perusahaan merk tersebut pun tentu diuntungkan dengan fenomena ini.

Tidak perlu banyak biaya untuk memasang iklan di berbagai media karena banyak masyarakat telah mengenal merk ini dengan sangat baik.

Pengertian Brand Awareness

Brand Awareness adalah kemampuan yang dimiliki konsumen untuk mengenali dan mengingat sebuah merk.

Tidak hanya nama yang diingat, namun juga gambar, logo, serta slogan-slogan tertentu yang diusung oleh merk tersebut dalam mempromosikan produk mereka.

Menyebut merk alih-alih nama asli benda menunjukkan Brand Awareness yang tinggi pada produk tersebut.

Lalu, bagaimana cara agar merk-merk tersebut memiliki Brand Awareness yang sangat kuat di mata konsumen?

Baca Juga : Cara Menyakinkan Konsumen

Berikut adalah tips dan cara untuk membangun Brand Awareness, khusus untuk Anda.

Cara Membangun Brand Awareness

1. Media Sosial

Di era serba teknologi dan digital seperti sekarang, media sosial memiliki peran yang penting dalam perkembangan sebuah merk.

Melalui media sosial, konsumen dapat berinteraksi langsung dengan official account sebuah merk. Dengan strategi yang baik, Anda dapat meningkatkan Brand Awareness.

Pertama, pastikan akun sosial media bisnis anda aktif. Secara rutin, upload-lah konten yang menarik dan bermanfaat.

Jangan lupa untuk berinteraksi dengan konsumen melalui kolom komentar maupun direct message. Pilih sosial media yang memiliki engagement tinggi dengan konsumen, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

2. Marketing Konten

Salah satu cara populer untuk membangun Brand Awareness adalah dengan membuat konten marketing pada website atau blog bisnis Anda.

Konten marketing berwujud artikel yang menarik bagi para konsumen. Ingat, konten ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan konsumen, bukan untuk menjual barang atau jasa.

Dengan konten artikel yang bermanfaat dan banyak dikunjungi oleh konsumen, maka citra dan nama baik bisnis Anda akan meningkat dengan sendirinya.

Gunakan strategi yang baik dalam membuat konten ini pada blog. Upload secara rutin dan buat judul serta konten artikel yang menarik dan banyak dicari oleh masyarakat luas.

3. Marketing Video

Akhir-akhir ini, iklan dan marketing video di Youtube terlihat lebih menjanjikan dari pada iklan di televisi. Pengguna Youtube dari waktu ke waktu selalu meningkat.

Mulai dari balita, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa kerap menghabiskan waktunya dengan menonton video di Youtube.

Oleh karena itu, memasang iklan berbentuk video di Youtube adalah salah satu pilihan yang tepat untuk meningkatkan Brand Awareness.

Dengan durasi iklan yang cukup singkat, buatlah iklan video yang menarik dan eye catching. Sisipkan nama merk, logo, hingga slogan yang Anda miliki.

Iklan yang bersuara cenderung lebih meningkatkan Brand Awareness daripada iklan yang tercetak di media cetak. Terlebih lagi, video berisi animasi yang bergerak sehingga tidak membosankan.

Semakin sering konsumen melihat dan mendengar iklan tersebut, maka semakin dikenal merk bisnis Anda.

4. Endorse dan Influencer

Memanfaatkan influencer dan endorse adalah sebuah tren yang sedang naik daun saat ini.

Di era digital ini, konsumen sering menganggap seorang public figure (seperti artis dan orang terkenal lainnya) sebagai panutan.

Terlihat menarik bukan jika merk Anda dipromosikan oleh influencer?

Pilih influencer yang sesuai dengan karakteristik produk Anda. Mulai dari jenis kelamin, usia, dan sasaran followers yang Anda inginkan. Pilih influencer dengan rekam jejak dan citra yang baik.

Dengan demikian, konsumen akan percaya dan tertarik untuk mencoba produk dan jasa Anda.

Misalnya, produk Anda ditujukan pada anak-anak. Oleh karena itu, carilah youtuber anak yang dapat di-endorse oleh produk Anda.

Jika produk ditujukan pada remaja, carilah juga youtuber remaja yang memiliki banyak subscriber.

Berlaku juga untuk rentang usia lainnya. Sesuaikan dengan sasaran konsumen produk bisnis yang Anda miliki.

Pentingnya Brand Awareness

Setelah membaca ulasan di atas, Anda setuju bukan kalau Brand Awareness adalah hal yang penting? Karena dapat meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan kepercayaan konsumen. (Baca Juga : Pengertian Konsumen)

Nilai jual produk juga akan lebih tinggi, juga dapat menjaga loyalitas konsumen untuk selalu menggunakan produk tersebut.

Konsumen dan masyrakat cenderung akan membeli barang atau menggunakan jasa yang telah dikenal luas oleh masyarakat.

Apabila konsumen merasa puas dengan produk tersebut, mereka pun akan memberi tahu orang lain untuk ikut menggunakan juga. Sangat menguntungkan bukan?

Demikianlah penjelasan dan ulasan mengenai pengertian dan cara-cara membangun Brand Awareness pada bisnis yang sedang Anda rintis.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan bermanfaat bagi Anda. Sukses selalu untuk bisnis Anda.

Leave a Comment