Cara Membuat Email Menggunakan Domain Sendiri

Joko Warino

Cara Membuat Email Menggunakan Domain Sendiri

Bagaimana Cara Membuat Email Menggunakan Domain Sendiri ?

Memiliki email dengan domain pribadi yang kita miliki?

Pasti menyenangkan ya!

Selain lebih mudah untuk diingat, memiliki email yang menggunakan domain pribadi nyatanya mendatangkan segudang keuntungan.

Namun sebenarnya bagaimana sih cara membuat email menggunakan domain sendiri?

Penasaran?

Simak terus artikel kami yang berikut ini yuk!

Selamat menyimak!

Persiapan Membuat Email Menggunakan Domain Sendiri

1. Sediakan Koneksi Internet Yang Stabil

Karena aktivitas ini memerlukan koneksi internet, pastikan agar koneksi internet yang kamu gunakan cukup stabil untuk mendukung aktivitas yang kamu lakukan. Tidak perlu yang mahal kok. Cukup yang stabil saja.

Baca Juga : Negara Dengan Koneksi Internet Tercepat

2. Domain dan Hosting

Selain koneksi internet, pastikan pula bahwa domain dan hosting yang kamu miliki masih aktif.

Misalpun kamu masih belum memilikinya sama sekali, mungkin kamu bisa menyewa domain dan hosting ke situs penyedia hosting yang kamu percaya agar kegiatan pembuatan email menggunakan domain sendiri ini dapat kamu lakukan dengan lancar.

Baca Juga : Cara Memilih Domain Yang Baik dan Kualitas

Cara Membuat Email Menggunakan Domain Sendiri

1. Masuklah ke cPanel tempat kamu biasa mengelola websitemu.

Cukup ketikan url domainkamu.com/cpanel dan isikan data username dan password untuk dapat login ke akun pribadimu.

2. Cari Kolom Email dan Klik Menu Email Accounts

Dari sini kamu bisa memulai tahapan pembuatan email menggunakan domain sendiri, seperti yang kami arahkan melalui tulisan tutorial singkat yang satu ini.

3. Isikan form Add Email Account dengan lengkap

Di Form ini kamu harus mengisikan email yang ingin kamu buat. (misal: cs@domainkamu.com). Pastikan bahwa email tersebut tidak typo dan mudah untuk kamu ingat.

Untuk Domain, pastikan kamu memilih nama domain dengan tepat. Selanjutnya isikan password sesuai dengan keinginan mu, dan ulangi lah di field Password (Again).

Untuk Mailbox Quota, sesuaikan dengan kapasitas hostingan yang kamu sewa. Jangan sekali-kali memilih opsi unlimited ketika hostinganmu kapasitasnya tidak seberapa ya! Kamu berhak untuk mengontrol penggunaan kapasitas email pada hostinganmu.

Setelah itu, klik tombol Create Account, dan akan dimunculkan halaman yang menerangkan bahwa akun email yang kamu buat telah berhasil kamu buat.

Selanjutnya, pastikan bahwa fitur Apache Spam Assassin juga kamu aktifkan, agar tidak ada email spam yang masuk ke alamat email yang kamu buat barusan.

Kini, email dapat kamu akses dengan mengguakan WebMail, Thunderbird, Outlook, dan sebagainya. Ingin mengaksesnya via webmail?

Akses saja ke namadomainkamu.com/webmail ya! Setelah itu, inputkan alamat email yang kamu buat tadi, beserta password yang kamu konfigurasikan tadi.

Setelah email yang kamu buat tadi benar-benar bisa kamu akses, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memberitahukan alamat emailmu tadi ke rekan-rekan dan kolegamu. Kamu bisa juga menuliskan alamat email tadi di halaman kontak websitemu!

Dengan alamat email yang menggunakan domain pribadi, kepercayaan rekan-rekan dan kolega yang kamu miliki atas dirimu pasti akan semakin meningkat.

Kini, kamu hanya perlu melanjutkan proses pembenahan diri sambil menjaga performa penuntasan tugas-tugas yang kamu miliki deh!

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang cara membuat email menggunakan domain sendiri.

Semoga setelah membaca artikel singkat dari kami tadi, kamu jadi semakin terbantu ya untuk membuat email menggunakan domain sendiri!

Ingin membantu temanmu yang sedang bingung dengan cara membuat email menggunakan domain mereka sendiri?

Share langsung artikel ini ke teman-temanmu yang sedang kebingungan itu yuk!

Terimakasih telah menyimak artikel ini hingga selesai, sampai jumpa lagi!

Also Read

Tags

49 thoughts on “Cara Membuat Email Menggunakan Domain Sendiri”

  1. Sangat membantu, mudah difahami. Saya sebagai Pengajar di salah satu Sekolah Swasta ini menjadi Review saya sebagai bahan ajar yang diterapkan kepada siswa atau siswi saya disekolah. salam hangat selalu dari saya.

    Reply
  2. Terimakasih Joko warino blog informasi nya sangat membantu.semoga makin sukses dan makin dikenal banyak orang.

    Reply
    • Cukup jelas sehingga cepat di mengerti,
      Dan ini sangat membantu saya yang kebetulan sedang mencari artikel tentang ini,karena saya ingin membuat email dengan domain sendiri untuk keperluan pekerjaan saya

      Reply
  3. Terima kasih Infonya sangat lengkap dan rinci sekali,cepat untuk di mengerti,seandainya penjelasannya berbentuk video pasti bakal lebih cepat di mengerti
    Sukses selalu untuk kita semu

    Reply
  4. mau tanya bang apa kalo mau buat email dengan menggunakan domain sendiri itu akan ada biaya tambahan?atau free?

    Reply
  5. Terimakasih infonya min, sangat jelas sekali. Sangat membantu sekali buat orang yang masih belum ngerti seperi saya

    Reply
  6. sangat membantu saya untuk mencobanya, penjelasannya mudah dimengerti karena ada lampiran gambar sebagai petunjuknya, semoga tetap semangat membuat artikel seperti ini untuk memudahkan kita bekerja

    Reply
  7. Menurut saya sdah bisa dimengerti tapi mungkin bang saran dari saya bisa dibuatkan channel youtube terus dibahas dan dicontohin gitu bang dalam youtube abang nnti, kan sekarang banyak orang nyarinya di youtube gitu

    Reply
  8. penjelasanya sangat mudah di pahami dan di mengerti apalagi di tambahi gambar. sangat membantu saya yang ingin membuat email domain. terimakasih buat infonya.

    Reply
  9. Sangat membantu sehingga mudah dimengerti oleh saya yang masih awam dengan tentang hal yang begini, menambah ilmu baru. Petunjuknya pun jelas sehingga saya bisa mengikutinya

    Reply
  10. Terima kasih infonya. . Kata katanya simple , mudah di pahami , gampang mengerti terus detail . . Masih gak paham? Baca lagi 3x . .semoga bermanfaat

    Reply
  11. Blog ini sering saya kunjungi karena setiap saya mencari panduan pasti ada terutama tentang domain hosting dan website yang penjelasannya sangat lengkap dan detail,sukses terus bang

    Reply
  12. Hal ini tentu sangat membantu aku yang kebetulan sedang mencari artikel tentang membuat email sendiri ini,karena aku menginginkan dapat membuat email dengan domain sendiri untuk keperluan pekerjaan bisnis aku & kemajuan dimasa yang akan datang.

    Reply
  13. Terima kasih Kaka.
    Bagi aku hal ini akan sangat membantu aku sedang mencari artikel tentang membuat email atas nama sendiri ini, karena email dengan domain sendiri untuk keperluan pekerjaan bisnis aku & kemajuan dimasa yang akan datang.
    Semoga akan bermanfaat juga bagi saudara kita.

    Reply
  14. sanagat membantu sekali penjelasan sangat detail dan akurat siapapu bisa ternyata gampang banget cara membuat Email Menggunakan Domain Sendiri berkat Joko Warini Blog sukses pak indahnya berbagi ilmu

    Reply
    • Bagi yang memiliki bisnis/usaha, email adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dan lebih dekat dengan konsumen.membuat Email Menggunakan Domain Sendiri berkat Joko Warini Blog sukses pak indahnya berbagi ilmu

      Reply
  15. Informasi yang cukup bagus, makasih bang atas sarannya. Hanya untuk menggunakan domain pihak lain apakah gratis bang ?, semoga berlanjut artikel berikutnya untuk menambah wawasan bagi pemula sepertiku.

    Reply
  16. Halo kak,terimakasih karena sudah dibuatkan blog ini sehingga saya bisa memahami Cara Membuat Email Menggunakan Domain Sendiri,sukses kedepannya kak,semangat

    Reply
  17. kren banget banget dan membantu banget.. smoga membantu juga buat orang lain.. sukses trus bang

    Reply
  18. Alhamdulillah terimakasih pak Joko Warino atas informasinya. Dengan ini saya bisa mengerti bagaimana caranya membuat email menggunakan domain sendiri. Sukses dan sehat selalu pakk

    Reply
  19. Luar biasa atas pembelajaran dan penjelasan tentang hal tersebut.saya jadi termotivasi untuk masa akan datang mencoba membuat dengan tehnik seperti itu
    Bagus sekali pembelajaran nya.

    Reply
  20. Alhamdulillah terimakasih pak Joko Warino atas informasinya. Dengan ini saya bisa mengerti bagaimana caranya membuat email dengan menggunakan domain sendiri. Sukses dan sehat selalu pakk dan tetap semangattss

    Reply
  21. Terima kasih Infonya sangat membantu sekali, mudah dimengerti karena disertai lampiran gambar, semoga tetap semangat membuat artikel seperti ini untuk memudahkan kita bekerja.

    Reply
  22. Caranya sangat mudah dan tidak memakan biaya.kamu juga bisa melakukan cara ini untuk yang baru memulai bisnis dengan menggunakan website juga.selain itu,kita juga bisa mempromosikan bisnis menggunakan email.

    Reply
  23. Membuat email dengan nama domain sendiri sangat penting.apalagi bila alamat email anda sering digunakan untuk urusan bisnis.aku sudah melakukannya.memang menghubungkan antara akun email dan domain ini sedikit ribet.karena harus berpindah-pindah dari satu halaman ke halaman lain.selamat mencoba..

    Reply
  24. baru tahu cara-cara membuat web… ternyata simple dan praktis tahap-tahapnya.. penjelasanya juga mudah dipahami… good artikel

    Reply
  25. Ternyata membuat email dengan domain sendiri tidak sesulit yang dibayangkan, kita bisa memulai tahapan pembuatan email menggunakan domain sendiri, seperti yang telah diarahkan melalui tulisan tutorial singkat di blog ini.
    Setelah email yang kita buat tadi benar-benar bisa kita akses, kita dapat memberitahukan alamat email kita ke rekan-rekan dan kolega kita.
    Dengan alamat email yang menggunakan domain pribadi, kepercayaan rekan-rekan dan kolega yang kita miliki pasti akan meningkat dan performa serta citra dari bisnis atau usaha kita akan semakin bagus.

    Reply
  26. Lumayan nambah ilmu ternyata simple dan praktis tahap-tahapnya, penjelasanya juga mudah dipahami juga ..

    Reply
  27. terimakasih infonya saya jadi tau ternyata membuat email dengan domain itu tidak sulit dan bisa dilakukan sendiri. sukses selalu kak semangat

    Reply
  28. Ternyata kita bisa membuat akun email sendiri dengan hanya bermodalkan domain dan hosting. Dan Untuk proses membuat email dengan domain sendiri di cPanel ternyata sangat mudah.

    Reply
  29. Terima kasih Infonya sangat membantu sekali terutama bagi yang memiliki usaha, email adalah salah satu sarana yang penting untuk berkomunikasi dengan konsumen

    Reply
  30. Akhirnya aku mengerti, Krn dulu pernah liat org mencantumkan alamat email ya dgn domain yg tidak biasa ..ternyata bisa kita bikin sendiri ya. Aduhh kemana aja aku selama ini. Jd kepikiran mo bikin domain sendiri utk bisnis aku, ide bagus nih.

    Reply
  31. Memang email masih menjadi bagian yang penting untuk berkomunikasi, sebelum ada sosial media yang canggih, email sering digunakan untuk bertukar informasi, maka dari itu masing masing individu harus mempunyai email masing masing minimal satu dan dengan blog ini kita dapat mengetahui cara membuat email menggunakan domain sendiri

    Reply
    • kalau kta secara personal bisa saja langsung mengguankan Wa dan sejenisnya, namun untuk perusahaan email adalah hal yang penting untuk mengirim file berupa proposal ataupun yang lainnya.

      Reply
  32. Bisa jadi referensi nih cara buat email dengan domain sendiri, agar email kita terlihat lebih profesional, sering-sering bang bikin artikel yang bermanfaat, sukses selalu.

    Reply
    • Untuk personal biasanya hanya mengguankan gmail dan yahoo tapi untuk perusahaan kebanyakan mengguankan email dengan domain perusahaan.

      Reply
  33. tutorialnya sangat membantu bang
    jika boleh kasih saran kasih vidio juga bang biar lebih paham untuk pemula seperti saya
    sukses selalu bang

    Reply
  34. Baru saya tau dengan Domain bisa membuat email sendiri. Sangat Bagus untuk menambah ilmu dan bisa untuk memulai bisnis juga dengan membuat email. Terima kasih atas ilmunya.

    Reply
    • Menurut saya malam lebih profesional mas, bila di bandingkan kalau kita pakai gmail ataupun yahoo. Tapi ya itu harus beli domain dan hostingnya dulu.

      Reply
  35. Untuk yang berniat usaha ataupun bisnis, email sangatlah penting sebagai salah satu cara yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dan lebih dekat dengan pelanggan atau konsumen. Dengan memiliki email dengan Domain perusahaan sendiri sudah barang tentu dapat meningkatkan kepercayaan perusahaan dimata konsumen. Bagi yang belum mempunyai Domain pastinya sudah banyak situs penyewa Domain yang bisa dimanfaatkan.

    Reply
  36. Benar sekali mas. saat ini hampir semua perusahaan besar mengguankan email dengan domain perusahaannya. Sehingga bila ada penipuan melalui email yang mengatasnamakan perusahaan tersebut akan ketahuan.

    Reply
  37. Min, mungkin ditambahin lagi penjelasan keuntungannya email dengan domain sendiri… Salah keuntungan kalo menurut saya, bagi yang punya usaha terutama dibidang jasa pasti customer/klien jadi lebih percaya sama perusahaan kita… Tapi mesti perhitungkan juga cost nya karena penggunaan domain pribadi berbayar

    Reply
  38. membuat email dengan domain sendiri ini membantu saya dalam membuat email untuk usaha saya. selain itu email dengan domain sendiri pun juga membuat kita keren, karena domain email kita dapat kita atur sendiri.

    Reply
  39. Saya baru tahu cara membuat email dengan domain sendiri,sangat menarik dan mudah difahami.email dengan domain sendiri dapat meningkatkankan kepercayan para konsumen,terutama bagi yang punya bisnis berbasis online..

    Reply
  40. maaf min..sedikit saran kalau ada tutorial videonya mungkin akan lebih memperjelas lagi…aku masih awam kak….untuk pembuatannya email dengan domain sendiri bisa lewat handpone apa disarankan pakai komputer..kak…soalnya biasanya pakai handphone jaringan kurang stabil..

    Reply
  41. Untuk yang berniat usaha ataupun bisnis, email sangatlah penting sebagai salah satu cara yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dan lebih dekat dengan pelanggan atau konsumen. Dengan memiliki email dengan Domain perusahaan sendiri sudah barang tentu dapat meningkatkan kepercayaan perusahaan dimata konsumen. Bagi yang belum mempunyai Domain pastinya sudah banyak situs penyewa Domain yang bisa dimanfaatkan.

    Reply
  42. Hal ini tentu sangat membantu aku yang kebetulan sedang mencari artikel tentang membuat email sendiri ini,karena aku menginginkan dapat membuat email dengan domain sendiri untuk keperluan pekerjaan bisnis aku & kemajuan dimasa yang akan datang.

    Reply

Leave a Comment