Cara Membuat Email Menggunakan Domain Sendiri

Bagaimana Cara Membuat Email Menggunakan Domain Sendiri ?

Memiliki email dengan domain pribadi yang kita miliki?

Pasti menyenangkan ya!

Selain lebih mudah untuk diingat, memiliki email yang menggunakan domain pribadi nyatanya mendatangkan segudang keuntungan.

Namun sebenarnya bagaimana sih cara membuat email menggunakan domain sendiri?

Penasaran?

Simak terus artikel kami yang berikut ini yuk!

Selamat menyimak!

Persiapan Membuat Email Menggunakan Domain Sendiri

1. Sediakan Koneksi Internet Yang Stabil

Karena aktivitas ini memerlukan koneksi internet, pastikan agar koneksi internet yang kamu gunakan cukup stabil untuk mendukung aktivitas yang kamu lakukan. Tidak perlu yang mahal kok. Cukup yang stabil saja.

Baca Juga : Negara Dengan Koneksi Internet Tercepat

2. Domain dan Hosting

Selain koneksi internet, pastikan pula bahwa domain dan hosting yang kamu miliki masih aktif.

Misalpun kamu masih belum memilikinya sama sekali, mungkin kamu bisa menyewa domain dan hosting ke situs penyedia hosting yang kamu percaya agar kegiatan pembuatan email menggunakan domain sendiri ini dapat kamu lakukan dengan lancar.

Baca Juga : Cara Memilih Domain Yang Baik dan Kualitas

Cara Membuat Email Menggunakan Domain Sendiri

1. Masuklah ke cPanel tempat kamu biasa mengelola websitemu.

Cukup ketikan url domainkamu.com/cpanel dan isikan data username dan password untuk dapat login ke akun pribadimu.

2. Cari Kolom Email dan Klik Menu Email Accounts

Dari sini kamu bisa memulai tahapan pembuatan email menggunakan domain sendiri, seperti yang kami arahkan melalui tulisan tutorial singkat yang satu ini.

3. Isikan form Add Email Account dengan lengkap

Di Form ini kamu harus mengisikan email yang ingin kamu buat. (misal: cs@domainkamu.com). Pastikan bahwa email tersebut tidak typo dan mudah untuk kamu ingat.

Untuk Domain, pastikan kamu memilih nama domain dengan tepat. Selanjutnya isikan password sesuai dengan keinginan mu, dan ulangi lah di field Password (Again).

Untuk Mailbox Quota, sesuaikan dengan kapasitas hostingan yang kamu sewa. Jangan sekali-kali memilih opsi unlimited ketika hostinganmu kapasitasnya tidak seberapa ya! Kamu berhak untuk mengontrol penggunaan kapasitas email pada hostinganmu.

Setelah itu, klik tombol Create Account, dan akan dimunculkan halaman yang menerangkan bahwa akun email yang kamu buat telah berhasil kamu buat.

Selanjutnya, pastikan bahwa fitur Apache Spam Assassin juga kamu aktifkan, agar tidak ada email spam yang masuk ke alamat email yang kamu buat barusan.

Kini, email dapat kamu akses dengan mengguakan WebMail, Thunderbird, Outlook, dan sebagainya. Ingin mengaksesnya via webmail?

Akses saja ke namadomainkamu.com/webmail ya! Setelah itu, inputkan alamat email yang kamu buat tadi, beserta password yang kamu konfigurasikan tadi.

Setelah email yang kamu buat tadi benar-benar bisa kamu akses, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memberitahukan alamat emailmu tadi ke rekan-rekan dan kolegamu. Kamu bisa juga menuliskan alamat email tadi di halaman kontak websitemu!

Dengan alamat email yang menggunakan domain pribadi, kepercayaan rekan-rekan dan kolega yang kamu miliki atas dirimu pasti akan semakin meningkat.

Kini, kamu hanya perlu melanjutkan proses pembenahan diri sambil menjaga performa penuntasan tugas-tugas yang kamu miliki deh!

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang cara membuat email menggunakan domain sendiri.

Semoga setelah membaca artikel singkat dari kami tadi, kamu jadi semakin terbantu ya untuk membuat email menggunakan domain sendiri!

Ingin membantu temanmu yang sedang bingung dengan cara membuat email menggunakan domain mereka sendiri?

Share langsung artikel ini ke teman-temanmu yang sedang kebingungan itu yuk!

Terimakasih telah menyimak artikel ini hingga selesai, sampai jumpa lagi!

Leave a Comment