11 Cara Membuat Konten Viral Untuk Meningkatkan Traffic Blog

Semua blogger pasti ingin Membuat Konten Viral dan dikenal banyak orang. Namun masalahnya, tidak semua blogger bahkan marketer yang bisa melakukannya.

Jika blogger berhasil membuat konten yang viral, pengunjung akan antri di blog tersebut. Karena mereka ingin membaca artikel yang tenar tersebut.

Dampaknya adalah, rating view meningkat. Jika sistem SEO aktif, konten bisa menempati urutan pertama Google.

Cara Membuat Konten Viral

Filosofi blogger maupun marketer adalah bersaing dengan kompetitor lain. Nah, untuk memenangkan persaingan, blogger harus merebut pasar viewer dan rating. Caranya adalah dengan membuat konten viral.

Untuk membuat artikel viral tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika target yang ingin dikejar dikerumuni oleh blog kompetitor dengan niche eksklusif.

Namun, anda tidak usah khawatir, karena berikut ini kami berikan tips membuat konten viral, yaitu:

1). Artikel Panjang Tapi Tidak Membosankan

Dari survey online ditemukan fakta kalau artikel panjang mendapatkan jumlah share dua kali lipat dibandingkan yang pendek. Jumlah kata yang normal untuk artikel panjang adalah 3000 hingga 10.000 kata untuk satu artikel.

Syarat untuk bisa membuat artikel panjang adalah blogger harus pintar mengolah informasi yang ditemukannya.

Semakin banyak info, artikel akan semakin kaya dan tidak membosankan. Boleh juga ditampilkan artikel unik dan tidak biasa.

2). Posting di Waktu Yang Tepat

Jika blogger memiliki artikel konten, segera kirimkan atau share ke media sosial seperti fb dan twitter. Namun, pastikan kalau pengirimannya disesuaikan dengan waktu yang tepat. Itu jika ingin artikel cepat viral.

Logisnya, share artikel di awal minggu lebih berpeluang viral dibandingkan akhir minggu. Maka dari itu, sebagian besar artikel viral muncul di hari senin dan selasa.

3). Buat Konten Jenis Listicle

Listicle merupakan jenis artikel konten yang berbentuk tema dan sub tema yang ditandai dengan heading tertentu.

Dengan teknik ini, artikel lebih mudah dipahami pembaca. Namun, list-nya tidak boleh over. Dua tema dengan 10 sub tema sudah lebih dari cukup.

4). Tambahkan Gambar Pada Artikel

Sesungguhnya postingan gambar lebih menarik dibandingkan teks. Maka dari itu, lampirkan minimal satu gambar pada artikel viral anda. Google sendiri lebih suka menaikkan rating artikel dengan gambar dibandingkan konten yang full tulisan.

Baca Juga : Peranan Gambar pada Artikel Untuk SEO

5). Buat Konten yang Menyenangkan

Artikel konten yang bisa menghibur pembaca akan banyak mendapatkan share. Sebaliknya viewer akan berkurang jika isi artikel membuat pengunjung melo dan sedih. Apalagi jika narasi artikelnya tidak serius dan monoton.

6). Format Konten Berjenis Kuis

Konten yang berupa kuis lebih menarik minat pengunjung karena mereka tertantang untuk memenangkan tes kuisnya. Atas dasar itulah, sebagian besar artikel viral adalah konten yang berbentuk kuis.

7). Buat Konten Info Grafis

Konten info grafis bukan artikel yang di dalamnya penuh dengan tabel, kolom dan grafik.

Tetapi artikel yang sebagian besar isinya adalah visual seperti video. Jika ingin artikel viral, buatlah konten semacam ini. Pastikan kalau representasi dengan niche artikel tepat.

8). Repost Konten Dengan Teratur

Cara membuat artikel viral selanjutnya adalah rutin melakukan repost konten. Normalnya adalah empat kali selama satu minggu. Di atas itu, artikel anda akan dianggap spamming oleh sistem.

9). Kerja Sama dengan Influencer

Influencer terkenal mania share karena mampu menghasilkan share lebih banyak dibandingkan publik biasa.

Bahkan, tiga orang influencer yang kembali melakukan share mampu menghasilkan share lebih banyak dibandingkan influencer pertama. Begitu seterusnya.

Bagaimana jika influencer yang share sebanyak 5 atau 10 orang? Tentu artikel akan cepat viral dan terkenal. Maka dari itu, bekerjasamalah dengan influencer yang sesuai dengan niche maupun produk anda.

Untuk meyakinkan para influencer, anda bisa membuat artikel tentang profil mereka. Sisipkan di dalamnya testimoni tentang influencer tersebut.

Dijamin, mereka lebih yakin untuk membantu share artikel yang anda buat. Tentu keuntungannya akan kembali kepada anda.

10). Tampilkan Data Kepada Publik

Artikel yang viral di Google biasanya ada lampiran biodata penulis atau pemilik blog. Maka dari itu, kalau anda ingin meraih hal yang sama, cantumkan juga biodata umum anda kecuali yang privasi.

11). Tambahkan Tombol Share di Website

Cara membuat artikel viral yang terakhir adalah pasang tombol Share. Search Engine Google selalu memberikan saran otomatis kepada blogger untuk memasang widget tombol share di website.

Pastikan juga, aplikasi ini muncul di setiap artikel yang sedang diposting.

Pemasangan tombol share juga memengaruhi artikel menjadi viral. Karena dengan tombol ini, pengunjung bisa share informasi dengan mudah. syaratnya adalah tombol share diletakkan secara dinamis bergerak tidak diam apalagi di posisi bawah.

Nah, bagaimana para blogger? Apakah anda sudah siap untuk membuat artikel viral. Jika anda menerapkan tutorial di atas, dijamin, viewer bertambah, share and like artikel juga semakin banyak.

Baca Juga : 9 Cara Pemasaran Blog Marketing Paling Ampuh

Leave a Comment