Butuh Uang ! Berikut 4 Jenis Freelance Untuk Mahasiswa

Jenis Freelance Untuk Mahasiswa – Sebagai mahasiswa tentunya banyak sekali membutuhkan uang untuk kebutuhan sehari-hari, apalagi biaya kuliah zaman sekarang ini tidaklah murah.

Maka dari itu banyak sekali mahasiswa yang juga bekerja untuk menambah uang jajan mereka.

Adapun pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa adalah freelancer, karena kalian bisa bekerja kapan saja tidak harus terpaut waktu, dan juga bisa dikerjakan dimana saja.

Jenis Freelance Untuk Mahasiswa

Lalu Jenis freelancer apa sih yang cocok untuk mahasiswa?

Berikut ini adalah beberapa jenis freelancer untuk mahasiswa :

1. Sosial Media Officer

Sosial Media Officer
Sosial Media Officer

Jika kalian hobi bermain sosial media dan bisa mengisi media sosial kalian dengan konten-konten yang menarik sehingga banyak yang menyukai konten kalian.

Coba saja kalian melamar sebagai admin media sosial di agency digital.

Tugas sebagai admin tersebut biasanya yaitu menyiapkan konten yang akan di posting melalui media sosial lalu menjadwalkan konten tersebut untuk setiap harinya.

Tentunya hal ini bisa kalian lakukan dimanapun dan kapanpun.

2. Freelancer Writer

Freelancer Writer
Freelancer Writer

Sekarang ini ada beberapa website yang menyediakan pekerjaan sebagai freelance misalnya seperti : sribulancer, project.id dan masih banyak lagi, disana banyak sekali di pasang berbagai pekerjaan yang dibutuhkan contohnya saja seperti pembuatan artikel, bagi kalian terutama yang ingin menjadi penulis.

Kalian cukup menuliskan data diri secara lengkap, memberikan portofolio, dan mengikuti tes internal yang dilakukan website tersebut.

Tugas penulis lepas yaitu membuat artikel, mengisi konten website, atau membuatkan konten media sosial untuk perusahaan yang memperkerjakan jasa penulis tersebut.

Selain kalian menjadi penulis bebas, kalian juga bisa belajar membuat buku. Karena setiap karya yang termuat di media, bisa dikumpulkan.

Dan setelah banyak terkumpul bisa di rangkai menjadi buku kumpulan cerpen dan sebagainya.

Hasil karya tulisan yang lainnya bisa berupa karya ilmiah dan progam kreatifitas mahasiswa.

3. Designer Grafis dan Editor Video

Designer Grafis dan Editor Video
Designer Grafis dan Editor Video

Bagi kalian yang menjadi mahasiswa design grafis ataupun audio-visual, kalian bisa mengasah pelajaran dengan menjadi designer grafis atau editor video.

Kenalkan design kalian ke dalam media sosial karena saat ini tidak sedikit e-commerce yang membutuhkan sebuah designer kreatif untuk membuat tampilan aplikasi dan websitenya menjadi lebih menarik lagi.

Apabila kalian memilki kemampuan dalam mengedit video, kalian bisa mengajukan lamaran ke media online maupun di media TV.

Bagi kalian sedang menjalani kuliah di bidang design grafis makan dengan menjadi desaigner mungkin merupakan prioritas selanjutnya, menjadi seorang editor grafis bisa dikatakan gampang-gampang susah.

Karena kalian harus terus memiliki inovasi dalam berkarya, karena pekerjaan ini meski tidak memiliki patokan dalam edit gambar.

Harus terus menggali potensi untuk menghasilkan sebuah karya terbaik, dalam menciptakan inovasi tidak bisa dipelajari secara formal, yang bisa kalian lakukan yaitu hanyalah terus-menerus belatih.

Akan tetapi menghasilkan uang sangatlah mudah bagi designer, membuat poster, benner, undangan dan produk design lainnya.

Karena seperti kita ketahui bersama dalam setiap kegiatan atupun acara pasti akan membutuhkan dan memesan sebuah benner, atau misalnya dalam acara pernikahan pasti memesan undangan.

Hal tersebut yang menjadi peluang bagi desain grafis, untuk mempermudah mencari pelanggan, mematok harga yang sesuai bisa menjadi alasan tersendiri.

4. Penerjemah dan Proofreader

Penerjemah dan Proofreader
Penerjemah dan Proofreader

Jika saat ini kalian sedang menjalani kuliah di bidang linguistik dan komunikasi, jangan ragu lagi untuk bergabung dengan komunitas alumni.

Mereka yang bekerja di agensi iklan pasti selalu membutuhkan seorang penerjemah dan editor bahasa untuk mengedit konten iklan atau proposal presentasi mereka yang akan diberikan kepada klien.

Maka dari itu kalian bisa menjadi salah satu anggota di komunitas tersebut.

Baca Juga : 4 Peluang Usaha Musiman di Indonesia

Leave a Comment