Pengertian DA, PA, TB, QB, PQ, MT, SS, MR, OS dalam Ilmu SEO

Joko Warino

Pengertian DA, PA, TB, QB, PQ, MT, SS, MR, OS dalam Ilmu SEO

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization atau bisa kita terjemahkan dalam Bahasa Indonesia yang artinya adalah optimisasi mesin pencarian.

Penjelasan singkatnya adalah SEO merupakan ilmu yang biasanya digunakan untuk menaikan sebuah keyword ke halaman paling atas di mesin pencarian seperti google, yahoo, bing, safari atau mesin pencarian lainnya.

Keahlian dalam bidang SEO ini dapat diperoleh dengan cara belajar otodidak atau berguru langsung dengan orang yang sudah berpengalaman dan jago dalam bidang SEO ini. Baik dalam bidang pelatihan, camp atau dengan cara yang lainnya.

Menguasai SEO tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, tak cukup dalam sehari atau dua hari.

Meskipun anda sudah memiliki semua teorinya tetapi anda tidak bisa mempraktekannya secara langsung dan cepat. Semua butuh proses yang lama.

Dalam hal ini kita kadang memerlukan belajar baik sendiri ataupun dengan orang yang berpengalaman.

Hal yang paling dasar diajarkan biasanya adalah menguasai instalasi dasar website, kemampuan membuat tulisan yang SEO friendly atau kemampuan dalam menganalisis suatu data.

Dalam sebuah website terdapat terdapat pengertian-pengertian diantaranya adalah DA, PA, TB, QB, PQ, MT, SS, MR dan OS. Dan berikut ini adalah pengertiannya.

Tapi sebelumnya untuk DA dan PA merupakan suatu hal yang sangat berkaitan khusus jika kalian mengelola suatu website.

Pasti anda mengetahui Teknik dalam Search Engine Optimization atau SEO, DA dan PA merupakan suatu yang saling keterkaitan dari Teknik SEO tersebut, karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap penelusuran search engine dan menentukan posisi website di dalam sebuah search engine.

Pengertian DA (Domain Authority)

DA merupakan singkatan dari Domain Authority dimana itu adalah sumber kekuatan utama dari sebuah website yang mengarah ke sebuah system pemeringkatan dan algoritma dari suatu system yang sudah diterapkan oleh search enginenya dan juga digunakan untuk menentukan dimanakah atau seberapa posisi website anda dalam sebuah mesin pencarian.

Baca Juga : Cara Kerja Mesin Pencari Google

Lalu ada suatu hal yang bisa dilakukan untung meningkatkan Domain Authority ini yaitu dengan cara meningkatkan usia domain, meningkatkan jumlah blacklinknya, memperbanyak artikelnya serta memperbaiki artikel dalam web anda.

Pengertian PA (Page Authority)

PA yang berasal dari singkatan Page Authority yang memiliki pengetian yaitu nilai atau kuaitas dari halaman dari website anda yang dinilai dan ditunjang dari seberapa baikah domain anda di sebuah mesin penelusuran.

Page Authority ini merupakan sebuah Domain Rank yang menentukan dimanakah posisi artikel anda akan berada, jadi bisa dibilang kalau Page Authority adalah pendongkrak SERP artikel anda di google.

Lalu ada juga hal yang dapat meningkatkan Page Authority ini yaitu dengan cara update artikel berkala karena dengan cara ini anda bisa meningkatkan PA dengan mudah karena semakin sering anda update maka PA anda juga akan cepat berkembang. Lalu selanjutnya anda dapat cari dan manfaat blacklink yang berkualitas, dan juga bisa tingkatkan kualitas dari artikel anda.

Pengertian TB (Total Backlink)

TB merupakan singkatan dari Total Backlink yang merupakan data banyak backlink atau tautan yang masuk kedalam situs anda.

Tautan tersebut bisa dalam sebuah bentuk konteks tautan Dofollow ataupun Nonfollow yang bisa didapat dari situs lain.

Pengertian QB (Quality Backlink)

QB atau yang memiliki arti Quality Backlink adalah suatu nilai dari backlink yang anda peroleh dengan artian bahwa semakin tinggi score atau Qualitas Backlink yang anda peroleh, maka akan berdampak baik pada penilaian Domain yang anda miliki yang mana itu akan berpengaruh pada berkembangnya Domain Authority dan Page Authority.

Quality Backlink ini dapat dinilai dari sudut pandang domain score situs yang memberikan backlink tautan ke situs atau artikel anda. Jenis-jenis backlink yaitu ada Dofollow dan Nofollow.

Baca Juga : Cara Membangun Backlink Berkualitas

Pengertian PQ (Page Quality)

Page Quality memiliki pengertian yaitu kualitas dari halaman merupakan akumulasi dari jumlah backlink yang berhasil anda peroleh serta kualitas backlink dalam situs anda.

Pengertian MT ( Moz Trust)

Most Trust merupakan sebuah kepercayaan yang bisa dibilang mirip dengan yang dinamakan dengan Moz Rank yang memiliki tingkatan popularitas yang dihitung dari seberapa banyak orang yang berkunjung ke domain anda.

Pengertian SS (Spam Score)

Spam Score atau SS adalah akumulasi sebuah score yang dinilai buruk untuk website anda, spam score ini didapatkan dari DMCA, konten yang menyalin atau hukuman search engine.

Spam score ini memiliki 3 tingkatan yaitu Ringan (1-30%), sedang (31-60%), dan tinggi (61-100%).

Pengertian MR (Moz Rank)

Moz Rank yang hampir mirip dengan Moz Trust yaitu menilai tingkat popularitas dari website yang mana itu dihitung dari banyaknya pengunjung situs anda.

Pengertian OS (On, Off Page)

OS adalah persentase kualitas dari domain, artikel serta semua yang ada didalam situs anda dimana itu merupakan hasil akumulasi untuk dapat menunjukan semua aktivitas yang anda kerjakan.

Also Read

22 thoughts on “Pengertian DA, PA, TB, QB, PQ, MT, SS, MR, OS dalam Ilmu SEO”

  1. blog baru semingguan, cek udah ada da3 pa5 itu gmna ya mas udah bagus blum ya untuk mesin pecarian.

    Reply
    • Sebenarnya DA dan PA bukan indikator yang dikeluarkan dari google. bagus tidaknya tergantung dari bagaimana cara kita merawat blog. Rajin posting artikel berkualitas aja mas, nanti akan naik sendiri.

      Reply
      • Baik mas mkash info nya, tapi knapa ya mas favicon blog saya udah smingguan lebih ga brubah di mesin pencarian, apa emg proses nya lama?

        Reply

Leave a Comment