Cara Redirect 301 Domain Lama Ke Domain Baru

Cara Redirect 301 Domain Lama Ke Domain Baru – Maraknya pengguna internet membuat orang juga berbondong-bondong membuat blog. Salah satu penyedia blog ialah blogger.

Jika pada awalnya Anda sudah memiliki sebuah blog gratisan di blogger, misalnya namabloganda.blogspot.com lalu karena ingin menampilkan nama domain sendiri tanpa perlu pindah hosting gratis di blogspot tersebut maka Anda cukup melakukan proses custom domain.

Misalnya  ada nama blog yang sudah Anda buat di blogger dengan nama bomiblog.blogspot.com lalu diganti atau custom domain-nya dengan domain TLD yang sudah dibeli sendiri sehingga berubah menjadi bomiblog.com (tidak ada lagi embel-embel blogspot).

Tutorial merubah domain blogspot ke nama domain sendiri sudah banyak dibahas di internet (cari dengan kata kunci “custom domain blogspot”).

Lalu bagaimana jika nanti kita ingin mengubah atau mengganti kembali domain tersebut ke nama domain lain yang baru?

Alasannya mungkin karena Anda merasa bahwa nama domain sebelumnya terlihat kurang begitu mudah diingat netizen sehingga harus merubahnya lagi ke nama lain.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara redirect 301 domain lama ke domain baru. Penasaran bukan?

Simak penjelasan berikut ini!

Cara  dari domain lama ke domain baru di Blogger atau Blogspot ini juga berlaku bagi blog yang sudah menggunakan TLD (Top Level Domain).

Baca Juga : Pengertian Top Level Domain

Intinya, jika Anda masih pakai platform Blogger untuk membuat postingan.

Apa Itu ?

Ini adalah upaya untuk me-redirect atau bahasa indonesianya adalah mengalihkan. Yang dialihkan bukan hanya antar halaman homepage saja, tetapi juga berlaku untuk halaman post dan static atau page.

Adapun model  ini bisa dengan mengalihkan nama domain lama ke nama domain baru, misalnya https://domainlama.blogspot.com di redirect ke https://domainbaru.blogspot.com Atau bisa juga mengahlikan ke TLD yang baru (dengan nama domain yang sama).

Contohnya https://www.namadomainku.com menjadi https://www.namadomainku.net khususnya di Blogger atau Blogspot, akan sangat membantu banyak hal.

Alasan Melakukan Redirect 301

Mungkin Anda memiliki banyak alasan mengapa anda perlu melakukan redirect domain 301, antara lain sebagai berikut.

  1. Domain dibanned Google Adsense

Jika domain yang telah di banned oleh Adsense, maka kemungkinan untuk diterima kembali menjadi mitra Google Adsense adalah sebuah mimpi yang tak akan pernah terwujud.

Solusinya adalah, semua artikel dipindahkan ke domain baru, lalu di  dari domain lama.

Baca Juga : Penyebab Akun Adsense di banned

  1. Ingin menggabungkan beberapa blog menjadi satu

Karena blog di domain lama masih bagus posisinya pada Google servis, maka cara pintar yang hendaknya dilakukan setelah mengimpor seluruh konten ke domain baru adalah, mengalihkan URL (permalink) domain lama ke URL domain baru.

Sehingga pengunjung blog di domain baru makin bertambah. Bukan malah menghapus blog yang lama.

  1. Nama domain lama terlihat jelek

Mungkin dulu ketika Anda membuat domain tidak dipikir panjang terlebih dahulu, sehingga ketika Anda menyadari bahwa domain Anda terlihat jelek dan segera ingin menggantinya.

Intinya, tujuan atau alasan utama untuk melakukan  ini adalah mempertahakan eksistensi pengunjung dan page views blog, ke domain baru.

Karena sejatinya pengunjung tetap akan menikmati konten yang dia inginkan, tanpa disadari bahwa dia telah berada di URL domain baru.

Baca Juga : Cara Memilih Domain Yang Baik dan Kualitas

Cara Redirect 301 Domain Lama Ke Domain Baru di Blogger

  • Siapkan nama domain baru atau TLD baru. Silahkan beli dulu ke jasa penyedia domain pilihan Anda. Klik www.namecheap.com bagi yang belum punya jasa penyedia domain favorit.
  • Bikin blog baru, lalu ganti domainnya dengan nama domain atau TLD yang baru dibeli tadi.
  • Selanjutnya setelah proses propagasi domain selesai, dan domain baru itu sudah bisa diakses, silahkan login ke blog lama anda. Masuk ke menu Setelan > Lainnya > klik Cadangkan Konten
Cara Redirect 301 Domain Lama Ke Domain Baru
Cara Redirect 301 Domain Lama Ke Domain Baru
  • Buka lagi dashboard domain baru yang tadi, lalu Import Konten yang tadi di download dari blog lama anda. Melalui menu Setelan > Lainnya

Catatan:

Sebelum melakukan Impor Konten jangan pilih Publish Otomatis. Disarankan untuk posting artikel secara manual.

Karena permalink blog lama anda harus sama persis dengan permalink di blog baru andaa . Utamanya permalink halaman postingan.

  • Buka dashboard domain lama anda , lalau pilih menu Template > Edit HTML. Cari kode </head> lalu letakkan kode berikut ini di atas kode tadi.
Cara Redirect 301 Domain Lama Ke Domain Baru
Cara Redirect 301 Domain Lama Ke Domain Baru

Perhatian:

Silahkan ganti https://www.namadomainku.net dengan domain baru Anda.

  • Simpan Template
  • Selanjutnya sbka dashboard domain baru anda, buka menu Postingan > Draf. Silahkan edit satu-satu artikel yang ada disitu, dengan menyamakan permalink dari domain lama ke domain baru.
  • Langkah terakhir ialah edit bagian body postingan Anda melalui HTML (bukan Compose), ini dilakukan mungkin saja Anda menggunakan teknik internal link, yang domainnya dianjurkan untuk di ubah ke domain baru.

Mengganti domain di blogger ini memang terkesan ribet. Alasannya karena kompleksitas Blogger tidak diberi fasilitas yang menyamankan layaknya WordPress, yang tinggal pakai plugin Velvet Blues Update Urls dan seluruh permalink seketika berubah domainnya.

Akan lebih baik bagi Anda jika selesaikan dulu masalah postingan dan permalink di domain baru Anda.

Demikianlah penjelasan mengenai cara redirect 301 domain lama ke domain baru. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

5 thoughts on “Cara Redirect 301 Domain Lama Ke Domain Baru”

  1. Gan tolong pencerahannya
    Sekarang ini saya punya blog gratisan (Ex): caramudik.blogspot.com. Rencananya mau saya ganti (belikan) domain caramudik.com. melihat tutorial diatas, setelah pasang script redirec di blogspot dan sesudah impor konten dari (blogspot) ke (domain) baru beli tsb, apakah blogspotnya dihapus gan?
    Secara nantinya kan kita punya 2 dasbor blogger yaitu caramudik.blogspot.com dan caramudik.com

    Reply
    • Tidak usah dihapus mas.. biarkan saja.. setelah diredirect semuanya bila kita buka web utama ataupun url artikel akan mengarah ke doamin yang baru.

      Reply
      • Ini saya mau ganti domain yang blogspot ke dot net di dashbor blogernya langsung melalui cara “menyiapkan url pihak ketiga” pada setelan bloger blogspot. Pertanyaannya adalah :
        1. Apakah saya harus meletakkan kode redirect 301 tsb di edit html lama sebelum saya gantikan domain?
        2. Saya takut kehilangan trafik yang sudah ada di blogspot sebelumnya saat diganti TLD. Apakah trafik akan tetap turun drastis setelah ganti domain?

        Reply
  2. terimakasih gan sudah mau bergai ilmunya saya sangat terbantu menggunakan scrop dari agan

    Reply
    • Sama-sama. semoga bisa bermanfaat.

      Reply

Leave a Comment